Siswi SMAN 3 Solsel tengah melaksanakan aktivitas belajar sebelum pandemi


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah merealisasikan peralatan pendidikan berupa media belajar dan peralatan labor fisika, kimia dan biologi. SMAN 3 Solok Selatan satu-satunya sekolah tingkat SLTA sederajat di daerah berjulukan Sarantau Sasurambi itu yang mendapatkannya di tahun 2021.

“Media belajar dan peralatan praktikum bidang studi MIPA sudah kita terima dari Kemendikbud, sebagai penyemangat belajar dan peningkatan wawasan siswa kami,” kata Wakil Sarana dan Prasarana SMAN 3 Solok Selatan, Maisardi, Rabu (8/9/2021) dikantornya. 

Adapun rincian media belajar tersebut berupa Chromebook merk asus 30 unit, printer merek HP 2 unit, proyektormerk benq 4 unit, wareless  dan link wareless 3 unit, digital screen 3 unit, perfection dan lainnya.

Kemudian alat praktikum fisika, kimia dan biologi seperri mikroskop monokuler, Mikroskop stereo binokoler, Mikroskop elektrik dan lainnya.

“14 dus media belajar dan peralatan pratikum yang kita terima. Jumlahnya 228 jenis, saat ini sedang kita inventarisir,” ujarnya.

Kepala SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra mengatakan, yang paling dibutuhkan siswa saat penerapan belajar tatap muka terbatas yaitu tablet android konvensional sebagai media belajar siswa.

Agar pembelajaran yang disampaikan guru dan diterima siswa dapat tercapai dengan efektif dan seefisien mungkin, pembelajaran lebih meningkat dan menjadi pengetahuan bagi siswa.

Saat ini telah diterima sekolah dari Kemendikbud sebanyak 30 unit, lengkap dengan proyektor, wareless, link wareless dan digital screen dan alat praktikum siswa.

“Ini dalam membantu siswa dan guru di kelas, mudahan saja tahun depan peralatan media belajar lainnya juga menyusul. Tahun ini sekolah kita jadi prioritas Kemendikbud” tuturnya.

Hanya SMAN 3 sekolah di Solsel satu-satunya yang dijatah Mendikbud dari 7 proposal yang diajukan Kepsek dan baru 3 proposal yang direalisasikan tahun 2021, sebelumnya peralatan Tekhnologi Informatika Komputer (TIK), labor serta perakatannya dan media pembelajaran.

“Tahun ini SMAN 3 berusaha menjadi sekolah penggerak untuk meningkatkan mutu pendidikan kedepannya yang dicanangkan Pemprov Sumbar dan Pemkab,” ujarnya. (Adi)