Padang, Kopasnews.com — Iven balap sepeda dunia Tour de Singkarak (Tds) 2021, direncanakan digelar dalam lima etape pada 16-21 Oktober 2021 di Sumatera Barat (Sumbar).

“Walaupun sudah masuk kalender resmi Union Cycliste International, namun iven Tds bakal batal digelar di Sumbar,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, Senin (6/9/2021).

Dikatakannya, meskipun balap sepeda internasional itu banyak peminatnya, dan telah digelar sejak 2009 hingga 2019 lalu secara berturut-turut, dijadikan sebagai ajang promosi wisata di Sumbar.

Dipastikannya tidak akan dilaksanakan, karena sesuai keputusan tim Satgas Covid-19 memutuskan Tds 2021 di Sumbar dibatalkan.

Mengingat dan menimbang kondisi Sumbar belum aman dari pandemi, justru itu Satgas belum bisa memberikan rekomendasi jalannya iven balap sepeda dunia. 

“Sumbar fokus pemulihan covid-19, sebab itu kita tim Satgas tidak memberikan rekomendasi jalannya Iven Tds. Karena menyangkut masalah kesehatan masyarakat,” beber Mantan Penjabat (Pj) Bupati Solok Selatan itu.

Katanya, pihak Satgas sudah menginformasikannya kepada dinas terkait, saat ini katanya, Sumbar fokus pengendalian wabah pandemi covid-19.

Tahun 2020 lalu juga batal digelar, termasuk tahun 2021 ini berhubung karena Sumbar masih dalam tahap pemulihan covid.

Diakuinya, Dinas Pariwisata Sumbar sebelumnya sudah mengajukan izin untuk penyelenggaraan iven Tds 2021, tapi harapan mereka dan para pembalap dunia belum bisa dikabulkan dalam kondisi Sumbar saat ini.

“Pembatalan TdS 2021 ini sudah sesuai masukan dari berbagai pihak, seperti unsur pemerintah, para pakar, organisasi dan masyarakat Sumbar yang peduli covid,” terangnya. (Dito)