Sikapi Aturan Baru Pemerintah, PNS, TNI, Polri Penting Siapkan Rencana Masa Tua

  • Adit
  • 5 September 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Sikapi Aturan Baru Pemerintah, PNS, TNI, Polri Penting Siapkan Rencana Masa Tua

PNS, TNI, dan Polri sangat penting agar dapat merencanakan atau mempersiapkan tabungan di masa tua. Hal ini dalam menyikapi batasan usia pensiunan ditetapkan Pemerintah yang mengatur batas usia pensiun untuk PNS maupun TNI/Polri. Berikut penjelasannya:

1. PNS

Batas usia pensiun untuk PNS pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan ialah 58 tahun. Sedangkan untuk pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya ialah 60 tahun.

Selanjutnya, untuk PNS yang memangku jabatan pejabat fungsional ahli utama ialah 65 tahun. Hal ini mengacu Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.119-2/99 tertanggal 3 Oktober 2017 tentang Batas Usia Bagi PNS Yang Memegang Jabatan Fungsional.

2. TNI

Batas usia pensiun paling tinggi ialah 58 tahun untuk perwira. Sementara untuk bintara dan tantama ialah 53 tahun. Batas usia anggota TNI ini diatur dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

3. Polri

Terakhir, untuk anggota Polri batas pensiunnya ditetapkan maksimal 58 tahun. Batas usia ini berlaku untuk semua golongan kepangkatan. Batas usia pensiun untuk anggota Polri ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Jadi, para PNS maupun anggota TNI/Polri sudah tahu kan kapan batas usia pensiunnya ? Jadi, perlu mempersiapkan rencana untuk menghadapi masa tua. Sumber detikfinace

error: Content is protected !!