Tanah Datar, Kopasnews.com — Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dinilai sangat strategis dalam mensukseskan pencapaian Program Unggulan (Progul) yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah Tanah Datar.

‘BLK ini dinilai akan mampu menciptakan 1.000 wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru, mengurangi pengangguran serta juga bisa menumbuh kembangkan UMKM,” kata Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Pemkab Tanah Datar, Nusyirwan.

BLK tentu akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama masyarakat yang mengikuti pelatihan.Para peserta akan bisa mengasah pengetahuan, keterampilan dan sikap. 

“BLK menyiapkan kompetensi keahlian bagi masyarakat, yang berguna di dunia kerja,” bebernya.

Kepala BLK Komunitas Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa,  Febby Dt. Bangso,menyampaikan, BLK Komunitas merupakan fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan lembaga non pemerintah yang bertujuan memberikan pelatihan. 

“BLK Komunitas dengan konsentrasi bidang Agro Industri bisa terwujud,” terangnya. 

Sementara, Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Surfa Yondri, Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan BLK Komunitas, akan mendukung secara langsung dengan berbagai jurusan dan program pendidikan. 

“PNP siap memberikan pelatihan ataupun sharing ilmu dan informasi ke depan, terutama program tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat,” ujarnya. (**/humas)