Destinasi wisata alam Goa Batu Kapal (GBK) Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, masih menempati posisi kedua hasil vote sementara Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 kategori Surga Tersembunyi.

Data perolehan vote sementara hingga 31 Agustus 2021, Goa Batu Kapal-Solok Selatan menempati posisi kedua diangka 17 persen, sedangkan pesaingnya Pulau Bair- Kota Tual Provinsi Maluku memperoleh 34 persen data sementara dan Guo Serang-Kota Sabang Provinsi Aceh meraih 11 persen. 

Sementara 7 destinasi wisata daerah lainnya masing-masing memperoleh 3 persen, 4 persen, 5 persen, 6 persen, 7 persen dan 8 persen.

“Masih ada sisa waktu hingga 31 Oktober 2021, ketik API 18C kirim SMS ke 99386. Mohon dukungan semua pihak,” pinta Camat Sangir Balai Janggo, Muslim, Rabu (1/9/2021).

“Kita berharap GBK bisa meriah peringkat 1 pada akhir Oktober mendatang,” harapnya.

Dia berharap masyarakat Solok Selatan, masyarakat Sumatera Barat baik yang berada di Solok Selatan, maupun yang berada di rantau untuk lebih gencar lagi memberikan dukungan SMS.

Termasuk seluruh insan pariwisata terutama pecinta Wisata Alam Goa Batu Kapal untuk turut memberikan dukungan melalui vote SMS. 
“Bantuan rekan-rekan wartawan, teman-teman pengguna media sosial di manapun berada untuk ikut membantu GBK,” tutur Muslim.

Dengan berhasilnya GBK menjuarai API Award 2021 tentunya akan mengundang banyak pengunjung untuk berwisata ke Solok Selatan dan pada gilirannya akan menambah dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Goa Batu Kapal Solok Selatan, Yuneldi menambahkan, agar Solok Selatan bisa meraih nominasi Anugerah Pesona Indonesia untuk ke tiga kalinya, setelah Kampung Adat Terpopuler Kawasan Saribu Rumah Gadang dan Rumah Panjang lebih dikenal rumah terpanjang di dunia.

Maka dukungan SMS sebanyak-banyaknya sangat diharapkan dari semua pihak, terutama dukungan dari Pemerintah Daerah.

“Ini agar peminat destinasi wisata alam Solsel kembali jadi penambah gairah bagi wisatawan lokal dan manca negara untuk berkunjung ke Solok Selatan,” jelasnya. (Adi)