Agam, Padek — Penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Agam terus menunjukkan tren perbaikan. Selang dua hari terakhir dilaporkan 118 warga daerah itu dinyatakan sembuh dari paparan virus mematikan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr. Hendri Rusdian mengatakan, persentase kesembuhan pasien Covid-19 di Agam sudah mencapai 89,84 persen sejauh ini. Angkanya terhitung sebanyak 6.753 orang dari total kasus paparan 7.516 orang.

“Penambahan 118 angka kesembuhan dua hari terakhir rinciannya 73 pasien hari ini dan 45 pasien sehari sebelumnya,” kata Hendri, Minggu (29/8).

Dijelaskan, pasien yang baru pulih itu tersebar di seluruh kecamatan. Tertinggi merupakan warga Lubukbasung dan Ampekangkek masing-masing 19 orang dan 18 orang masing-masing dari Banuhampu dan Tilatangkamang.

“Untuk perkembangan kasus positif imbuh Hendri, tercatat sebanyak 52 kasus dalam dua hari terakhir. Sebanyak 19 kasus hari ini dan sisanya kemarin,” papar Hendri.

Saat ini tambahnya, tersisa kasus aktif sebanyak 568 pasien yang menjalani isolasi. Kemudian kasus meninggal sudah mencapai 195 orang menyusul tambahan tiga kasus baru di periode yang sama.

“Dua pasien meninggal pada Sabtu merupakan warga Tanjungraya dan Sungaipua. Satu pasien hari ini warga Banuhampu,” imbuh Hendri.

Ia mengakui kasus Covid-19 di daerah itu mulai berkurang semenjak beberapa minggu lalu. Namun pihaknya mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan lainnya.

Masyarakat juga diingatkan agar tetap berhati-hati dalam menyikapi perbaikan pengendalian wabah tersebut. Selain itu, jangan sampai lengah dan memicu kembali kenaikan kasus.

“Walaupun penambahan kasus Covid-19 menunjukkan sebuah tren penurunan, masyarakat tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tidak lengah,” katanya.(md)