Warga Batu Kaduduang, Nagari Abai perbaiki jembatan secara swadaya masyarakat.

Masyarakat Jorong Batu Kadunduang, Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, melakukan memperbaiki jembatan gantung yang  kondisinya sudah memprihatinkan dengan cara gotong royong (goro).


Jika tidak segera diambil kebijakan oleh Pemerintah Kejorongan setempat, bisa saja ratusan penduduk setempat tidak bisa lagi menjangkau Nagari Abai atau mau ke Padang Aro Pusat Kabupaten Solok Selatan.

“Jembatan gantung ini merupakan akses satu-satunya yang dimiliki masyarakat kami. Lantainya sudah lapuk, termasuk batalan kayunya. Kami kerjakan secara swadaya masyarakat,” kata Jorong Batu Kadunduang, Musliadi, Minggu (22/8/2021).


Anggaran pembangunan jembatan ini inisiatif Wali Jorong bersama masyarakat setempat, sebab bila dibiarkan berlama-lama. Maka akan bisa memutus akses antar jorong dan antar Nagari.


Disisi lain akan berdampak pada aktivitas perekonomian masyarakat, tentu saja hasil bumi daerah tidak bisa diangkut lagi.


“Sebelum jembatan gantung ini putus, maka kami berinisiatif dalam memperbaikinya kembali. Keinginan warga kami untuk goro sangat tinggi, sehingga biaya besar bisa jadi kecil,” terangnya.


Jika di tahun ini tidak diperbaiki, maka akan roboh sehingga putuslah hubungan antar daerah untuk sementara waktu.


Artinya dengan adanya sikap gotong royong ini, maka kemerdekaan akan akses penghubung seperti jembatan gantung itu akan dimiliki masyarakat setempat maupun masyarakat daerah lain yang berperang atau berkabung ke Batu Keduduang.


“Untuk sementara waktu, kita telah membantu tugas pemerintah. Berjuang untuk kebutuhan masyarakat pada HUT Kemerdekaan ke 76 ini,” jelasnya.


Musliadi juga berharap adanya renovasi dari anggaran pemerintah, sehingga memiliki akses yang lebih baik daei pada yang dibangun bersama masyarakat hari ini.
Sebab dengan adanya jembatan yang baik, maka arus transportasi masyarakat lancar.

“Harapan masyarakat kami ada uluran bantuan Renovasi dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, agar lebih baik lagi akses yang ditempuh masyarakat kami,” pintanya. 


Yuzi Irda, masyarakat setempat juga menuturkan hal yang sama. Semoga wakil rakyat di DPRD Solok Selatan juga dapat memperhatikan dan menerima aspirasi rakyat yang akan disampaikan ke pemerintah.


“Kita juga berharap wakil rakyat untuk bisa menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya,” tuturnya. (Adi)