Agam, Kopasnews — Jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Agam terus memperlihatkan tren penurunan dalam empat hari terakhir. Terbaru dilaporkan angkanya kembali berkurang 89 kasus, Selasa (17/8).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Hendri Rusdian menyebut, pengurangan kasus aktif tersebut menyusul tingginya angka kesembuhan. Jumlahnya hampir mencapai 1.000 kasus selama empat hari terakhir.

“Terhitung sejak Sabtu-Selasa, pasien Covid-19 sembuh di Agam mencapai 947 orang dan angka kematian bertambah 8 orang. Data terbaru dinyatakan 89 pasien sembuh dan nihil kasus kematian,” kata Hendri.

Dijelaskan, Kabupaten Agam mencapai rekor kesembuhan tertinggi di akhir pekan dengan catatan 406 kasus. Sehari sebelumnya pasien sembuh juga bertambah 334 orang. Tren perbaikan kasus aktif itu terus berlanjut pada awal pekan dengan catatan kesembuhan 118 kasus, disusul kemarin 89 kasus.

Saat ini kata Hendri, tingkat kesembuhan Covid-19 di Agam sudah mencapai angka 86,74 persen. Jumlah kasus aktif tersisa tercatat 775 kasus lagi. Mereka, 35 pasien dalam perawatan di rumah sakit dan selebihnya menjalani isolasi mandiri.

“Hingga kini, total kesembuhan sudah 6.121 kasus. Sedang kasus terkonfirmasi sebanyak 7.056 kasus menyusul adanya penambahan paparan baru sebanyak 26 kasus hari ini,” tuturnya.

Meski tren positivity rate Covid-19 di Agam mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir, pihaknya meminta agar masyarakat tidak buru-buru menyimpulkan Covid-19 sudah terkendali.

Masyarakat juga diingatkan agar tetap berhati-hati dalam menyikapi perbaikan pengendalian wabah tersebut. Jangan sampai lengah dan memicu kembali kenaikan kasus.

“Walaupun penambahan kasus Covid-19 menunjukkan sebuah tren penurunan, masyarakat tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tidak lengah,” pinta kadis.(md)