Semangat siswa SDN 14 Padang Aro lomba pacu karung

Sehari jelang peringatan upacara Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, beragam aktivitas siswa dan guru dilakukan di sekolah dalam menyambut Hari bersejarah bagi Bangsa dan Negara Indoensia.

Salah satunya di SDN 14 Padang Aro, siswa pusat ibukota Kabupaten itu menggelar perlombaan-perlombaan dalam menyumarakan hari kemerdekaan.

“Kegiatan itu Kami laksanakan dalam membangun rasa nasionalisme antar siswa dan guru di sekolah. Maka sumarak HUT RI meski dilakukan dalam menyambut Hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia,” kata Kepala SDN 14 Padang Aro, Asni Erita, Senin (16/8/2021) di sekolahnya.

Sabtu kemarin, sebutnya, sekolah yang terletak di jantung Kabupaten itu memperingati hari pramuka, hari ini siswa dan gurunya sumarakan HUT RI dengan perlombaan yang bisa memacu semangat cinta tanah air. 

“Lomba yang kita adakan ini, ada nuansa perjuangan dilakukan siswa dan guru. Sebab sama-sama berjuang menjadi pemenang setiap lomba yang digelar panitia,” ujarnya di kantin sekolah.

Dicontohkannya, seperti lomba menuangkan air ke dalam gelas dengan menggunakan sendok selama tiga kali bolak balik, semangat berjuang seperti ini menjadi nilai nasionalisme bagi siswa sebagai pejuang saat ini.

Karena peserta lomba pasti mereka berjuang untuk mencari kemenangan, dan mengalahkan peserta lainnya hingga sampai di finish.

Begitu juga lomba pacu karung yang diikuti siswa, juga untuk meraih kemenangan. Perjuangan mereka cukup berat, selain kedua kaki berada di dalam karung. Untuk safety, kepala peserta wajib mengenakan helm. 

Enam peserta akan melakukan lompatan karung dengan tertib dan pemenangnya tentu pasti saja yang tercepat.

“Kegiatan ini juga bentuk refresing siswa lainnya yang sedang menonton, mulai dari kelas I hingga kelas VI SD,” tuturnya.

Selain itu, wanita yang akrab disapa One itu menyebutkan, kegiatan lomba makan kerupuk juga diikuti oleh majelis guru. Berjuang menghabiskan kerupuk yang diikat dengan tali, ini cara sekolah mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan perang. 
“Termasuk lomba tarik tambang,” bebernya. Adi