Awalnya hanya dua orang saja anggota DPRD Solok Selatan yang terlihat duduk di Gedung Paripurna legislator di Golden Arm, ketika dibukanya rapat paripurna mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka HUT RI ke 76.

“Jelang rapat paripurna akan dibuka, hanya saya dan satu anggota DPRD yang terlihat duduk di ruangan paripurna yakni Afrizal Chandra,” kata Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Senin (16/8/2021).

Pantauan kopasnews.com, beberapa jam kemudian baru berdatangan Wakil Rakyat di DPRD Solsel. Hingga paripurna selesai, hanya 19 orang dari 25 Anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan yang menghadiri sidang paripurna mendengarkan pidato kenegaraan tersebut.

Ketua DPRD Solsel mengaku sangat menyayangkan anggota DPRD yang tidak hadir mendengarkan pidato kenegaraan ulang tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita semua mendoakan dibukakan hatinya dan ini kewajiban moral yang harus dipenuhi oleh anggota legislator. Sesuai sumpah jangan dengan kitab suci alquran, harus mengutamakan kepentingan negara dari pada kepentingan pribadi. Kenyataan saat ini berbanding terbalik,” ujar ayah satu anak itu.

Agenda kenegaraan ini padahal sebut Zigo, hanya sekali setahun diperingati dan semestinya berkaca pada perjuangan para pahlawan tanah air dan ini meski harus ada sikap malu dimiliki oleh seorang wakil rakyat.

“Dulu pejuang bertumpah darah, kita hanya menghadiri dan duduk di kursi wakil rakyat dan digaji pemerintah,” tuturnya.

Sebagai penyelenggara pejabat sudah bisa menikmati, negara sudah memberikan hak Anggota dewan seperti gaji, tunjangan dan lainnya dan tidak pernah terlambat meskipun dalam masa pandemi. 

“Gaji, tunjangan dan lainnya selalu diterima tepat waktu. Kurang apa lagi, hanya beberapa jam saja. Namun tidak mau hadir, dimana tanggung jawab moral kita sebagai penyelenggara atau pejabat negara di daerah ini,” kesalnya.

Dinilainya, masih ada yang kurang rasa nasionalismenya terhadap negara dan tanah air. Zigo berharap Partainya unruk dapat menegur kader yang seperti itu.

“Saat rapat berlangsung, ada yang menyampaikan sakit, tapi kita kurang tau apakah sakit atau tidak,” bebernya. 

Berikut daftar Anggota DPRD Solsel yang hadir paripurna mendengarkan pidato Presiden dalam rangka HUT RI ke 76 sesuai urutan yang pertama kali tiba di Gedung Paripurna.

1. Zigo Rolanda2. Afrizal Chandra3. Mesi Iswanto4. Sholihin5. Mukhlis6.Mursiwal7. Dede Pararela8. Edi Susanto 9. Sabri10. Roni Ismail11.Dedi Arisandi12.Aprinaldi Ali13.Ade Vernanda14.Daliyus15.Afrizal Dt Rajo Jalil 16.Armen Syahjohan17.David Taster18.Syafril19.Zulfikar
Enam orang tidak hadir dalam agenda paripurna tersebut. (Adi).