Warga Binaan Sumarakan HUT RI di Rutan Dengan Berbagai Perlombaan

  • Adit
  • 14 Agustus 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Warga Binaan Sumarakan HUT RI di Rutan Dengan Berbagai Perlombaan

Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan, mengisi hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 76 dengan berbagai perlombaan.

Mulai lomba pacu karung, makan kerupuk, dan pacu kelereng. Kegiatan tersebut wujud cinta tanah air dan bangsa bagi warga binaan dalam kondisi menjalani masa hukuman di rutan.

“Sebagai warga binaan, kami telah melakukan kegiatan perlombaan dalam menyumarakan HUT RI ke 76. Wujud cinta kami terhadap tanah air, dan bangsa,” kata Ferri salah seorang warga binaan di Rutan Kelas II B Muara Labuh, Sabtu (14/8/2021).

Dikatakannya, meski berstatus nara pidana, sikap cinta terhadap bangsa bagi seluruh warga binaan sangat penting sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Karena nilai nasionalisme terhadap negara, harus ditumbuhkan dalam pribadi setiap napi.

“Lewat lomba ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama warga tahanan, juga dalam menjaga rasa persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Muaralabuh Sarwono menyebutkan, tujuan perlombaan dilaksanakan di Rutan menyambut HUT RI yang ke 76, kegiatan ini ldijadikan sebagai sarana rekreasi bagi warga binaan agar tidak jenuh selama menjalani masa hukuman.

Jika warga binaan jenuh, maka akan dapat memicu keributan. Sebab itu perlu adanya semacam refresing dalam pribadi binaan di Rutan.

Mudahan saja sebutnya dapat meningkatkan rasa cinta tanah air, karena mereka yang didalam rutan ini setiap tanggal 17 agustus mendapat anugerah dari negara.

“Setiap HUT RI mereka mendapat remisi dari negara, jadi wajib bagi warga binaan  untuk mengapresiasi syukur mereka dengan mengikuti lomba – lomba 17 Agustus di Rutan,” bebernya. Adi

error: Content is protected !!