Hasil buruk yang diterima oleh Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu, membuat peringkat tim Garuda merosot dalam ranking FIFA.

Kini, Timnas Indonesia setara dengan Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Sebab hasil kualifikasi Piala Dunia 2022 saat Indonesia tergabung dalam Grup G bersama Vietnam, Uni Emirat Arab (UEA), Thailand, dan Malaysia. Dalam delapan pertandingan, Indonesia belum pernah meraih kemenangan. Hasil yang diterima dengan 7 kekalahan dan 1 kali imbang.

Inilah yang menyebabkan peringkat Indonesia merosot di ranking FIFA, sehingga berada satu level dengan Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. 

Dengan Kamboja, Indonesia bahkan hanya terpaut 7 poin. Kamboja diketahui berada di peringkat 179 dan bukan menjadi sebuah kejutan jika suatu saat nanti Indonesia bisa disalip oleh negara Indo-China itu. 

Di AFC sendiri Indonesia berada di posisi ke-35. Sementara di ASEAN, Indonesia berada di peringkat ke-7 di bawah Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Singapura. 

Berada di peringkat ke-7, Indonesia hanya unggul dari Kamboja, Laos, dan Brunei Darussalam berhasarkan hasil ranking FIFA yang dirilis per 12 Agustus 2021 dikutip kopasnews.com dari indosport.com . (*)