Bupati Agam Andri Warman saat membuka Khatam Al-quran Perpeta Nagari Biaro Gadang, Minggu (8/8)

Agam, Kopasnews – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman buka Khatam Al-Qur’an Persatuan Penduduk Tanjung Alam (Perpeta) Nagari Biaro Gadang, Kecamatan IV Angkek ke-53, di Masjid Nurul Huda, Minggu (8/8). Prosesi berlansung dengan menerapkan protokol Covid-19.

Khatam Al-Qur’an yang diikuti 11 santri MDTA Ranting Tanjung Alam ini, dihadiri Kakan Kemenag Agam, Marjanis, pimpinan OPD, camat, wali nagari, tokoh masyarakat dan lainnya.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman mengaku bangga, karena Khatam Al-Qur’an Perpeta ini sudah berlangsung sejak 53 tahun silam, yang hingga kini tetap jadi budaya bagi masyarakat wilayah itu.

Dengan begitu, secara khusus ia sampaikan ucapan selamat pada santri yang dikhatam kali ini, karena mereka telah menyelesaikan belajar membaca Al-Qur’an di MDTA Ranting Tanjung Alam.

“Secara formal mereka dikhatam tanda telah selesai belajar membaca Al-Qur’an, tapi sejatinya ini awal dalam mendalami isi kandungan ayat suci Al-Qur’an untuk dijadikan pedoman di kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap agar setelah dikhatam santri tetap membaca Al-Qur’an setiap saat, serta meningkatkannya dengan belajar hafidz.

“Kita dapat informasi dari Wali Nagari Biaro Gadang, bawasanya di nagari itu ada empat unit rumah tahfidz untuk mendidik anak dalam belajar hafidz,” sebutnya.

Dikesempatan itu, bupati yang akrab disapa AWR ini berikan reward khusus pada para juara khatam, yang diserahkan melalui panitia khatam.

Tidak hanya itu, seluruh peserta khatam juga diberi bintang emas oleh Ikatan Keluarga Tanjung Alam Ampek Angkek Agam (IKTA4), serta tiga orang guru mengaji.(md)