Agam, Kopasnews — Jumlah kasus warga terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Agam terus bertambah. Berdasarkan laporan data Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten itu hingga Jumat (6/8), terdapat penambahan kasus positif baru dalam 24 jam terakhir sebanyak 132 kasus.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Yosefriawan mengatakan, dengan penambahan itu menjadikan jumlah kasus terkonfirmasi di Agam kini mencapai 6.491 sejak kasus pertama diumumkan awal Mei 2020.

“Kami laporkan, hari ini ada penambahan 132 kasus positif baru dari 13 kecamatan,” kata Yosefriawan.

Ratusan kasus itu sambungnya, menulari 45 warga di Kecamatan Lubukbasung, 17 warga Banuhampu, 12 warga Ampeknagari, 11 warga Canduang, 10 warga Ampekangkek, 9 warga Baso, 9 warga Palembayan, 7 warga Tanjungraya, 5 warga Kamangmagek, 3 warga IV Koto, 2 warga Sungaipua dan masing-masing 1 warga Matur dan Tilatangkamang.

“Kondisi ini sekaligus memperlihatkan kasus harian di wilayah itu terus merangkak naik akhir-akhir ini. Lalu, dengan penambahan itu tercatat kasus aktif sebanyak 1.839 kasus saat ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, per hari ini juga terdapat sebanyak 27 pasien positif asal Agam dinyatakan pulih. Dengan begitu, total angka kesembuhan menjadi 4.490 orang sejauh ini.

Sekalipun dinyatakan pulih, pihaknya meminta pasien yang baru sembuh tetap waspada dan menjaga kesehatannya dengan tetap disiplin protokol kesehatan.

Di lain sisi aku Yosefriawan, Satgas Penanganan Covid-19 Agam juga memantau adanya 85 orang yang kini berstatus suspek dan 95 warga teridentifikasi kasus kontak erat.(md)