Jumat berkah sebuah nilai ibadah bagi masyarakat yang menyediakan makan siang bagi jemaah masjid usai pelaksanaan ibadah sholat Jumat di Masjid Nurul Ikhlas Simpang Limau, Jorong Sungai Padi Utara, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.

Sebab penyediaan makan siang bagi jemaah sepulang masjid, nilai manfaatnya sangat tinggi. Tersedia makan siang dan menjadi sadaqah jahiriyah bagi kaum ibu-ibu di Jorong setempat. 

“Ini bentuk nilai sosial kaum ibu-ibu di Jorong kami, juga akan menjadi ladang amal jahiriyah dengan sedekah yang diberikan secara ikhlas,” kata Kepala Jorong Sungai Padi Utara, Alpendo usai sholat Jumat, (6/8/2021) di Masjid Nurul Ikhlas Simpang Limau.

Kepala jorong itu menuturkan, sadaqah jumat berkah ini hendaknya berkelanjutan dan betul-betul ikhlas mengharap ridho Allah SWT.  Mudahan saja dapat manambah nilai dan semagat ibu-ibu PKK jorong dalam beribadah guna mencari keridhoaan Allah SWT.

Ini bentuk penularkan semangat berbagi kepada sesema  terutama ditengaah masa pandemi Covid-19, sekecil apapun nilai sedekah yang diberikan jika ikhlas tentu saja nilainya sangatlah besar di sisi Allah.

“Semua ini terwujud berkat kekompakan ibu-ibu PKK di Jorong, serta dukungan jorong dan tokoh masyarakat kami,” ulasnya.

Niat baik ini hendaknya dapat terjaga dengan baik, sehingga dapat berbagi dengan sesama. Apalagi yang dalam perjalanan singgah melaksanakan sholat Jumat, mereka mendapatkan seteguk air dan makan siang.

“Ini pahala yang berlipat ganda, sesuai isi ceramah ustad atau buya yang memberikan pengajian di Masjid ini,” terangnya. Adi