Insentif Ratusan Guru MDA, Garim, Imam dan Dai Segera Dicairkan

  • Adit
  • 5 Agustus 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Insentif Ratusan Guru MDA, Garim, Imam dan Dai Segera Dicairkan


Solsel, Padek — Pemerintah Kenagarian Alam Pauh Duo, segera merealisasikan pembayaran insentif ratusan guru MDA/TPA, Garim, Imam dan Dai di tahun 2021.

Total anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang akan diterima 102 guru MDA, Imam, Garin dan Dai se Kenagarian Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo tersebut senilai Rp244.200.000.

“Soal pembayaran honor guru MDA, Imam, Garim, dan Dai sudah kita koordinasikan bersama Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Alam Pauh Duo, Pj Wali Nagari Persiapan Pekonina Alam Pauhduo Gusferi Forsa dan Kepala Jorong,” ujar Wali Nagari Alam Pauh Duo, Zainal Abidin, Kamis (5/8/2021) usai sosialisasi penanganan covid di Pakan Selasa.

Di tahun 2021 ini sebutnya, jumlah guru MDA di Nagari Alam Pauh Duo sebanyak 68 orang, dan di tahun 2020 lalu berjumlah 59 orang. Kemudian Garim, Imam serta DAI sebanyak 43 orang.

Mudahan saja kata Zainal Abidin, tidak ada kendala dalam penyaluran bantuan honorium para pejuang agama di daerahnya itu. Tahun lalu, besaran nilai honor satu orang guru agama tersebut sebesar Rp400 ribu setiap bulan.

“Sesuai isi Perbup terbaru, honorium guru agama peroangnya sebesar Rp200 ribu dan bagi yang memiliki sertifikat guru agama senilai Rp400 ribu perorang setiap bulannya. Ini lantaran menghadapi wabah pandemi Covid dan harus penyesuaian di setiap Nagari,” tuturnya.

Peraturan Bupati  nomor 25 tahun 2021 tentang perubahan kedua atas peraturan Bupati nomor 7 tahun 2019 tentang pedoman pemberian bantuan intensif guru taman bacaan alquran, seni alquran, pondok alquran, rumah tahfiz, imam, garim dan dai se Kabupaten Solok Selatan. 

Nah, karena kondisi keuangan Nagari melalui Dana Alokasi Desa (ADD) belum mencukupi untuk pembayaran insentif guru agama tersebut selama 12 bulan senilai Rp244.200.000.

Maka untuk tahap pertama sesuai koordinasi dengan Bamus, Pj Wali dan Jorong se Kenagarian Kami. Baru sekitar Rp66 juta anggaran yang ada itu diambil dari ADD, sebab melalui Dana Desa (DD) secara aturan Pusat tidak bisa untuk pembayaran insentif tersebut. Sedangkan pencairan akan dilakukan dalam waktu dekat jika tidak ada kendala.

“Dengan nilai Rp66 juta ini, Imam, Garim dan DAI akan menerima untuk sebulan pembayaran. Sedangkan guru MDA dibayarkan untuk 2 bulan kegiatannya,” jelasnya. Adi

error: Content is protected !!