Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Yosefriawan

Agam, Kopasnews — Sebanyak 4.215 warga di Kabupaten Agam sudah dinyatakan pulih dari paparan Covid-19. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 24 orang pada Minggu (1/8).

Kabar baik itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Yosefriawan. Disebutkan, mereka yang sembuh merupakan pasien Covid-19 yang telah melewati masa perawatan di rumah sakit dan menjalani isolasi secara mandiri.

“Hari ini kita menerima kabar baik, bahwa pasien yang sembuh dari Covid-19 cukup banyak, yakni 24 orang. Persentase kesembuhan di angka 70,55 persen saat ini,” sebut Yosefriawan.

Puluhan pasien sembuh baru itu rincinya, tersebar pada empat kecamatan. Terbanyak di Kecamatan Ampek Angkek dengan 14 pasien, sisanya 6 pasien asal Baso, tiga pasien di Tanjung Raya dan seorang pasien warga Lubuk Basung.

Meski demikian katanya, kasus penularan juga belum bisa diredam. Di hari tersebut juga bertambah 30 kasus positif baru yang tersebar pada enam kecamatan.

Kondisi ini makin memperbanyak sisa kasus aktif di Agam dan saat ini tercatat sebanyak 1.603 kasus. Sebagian besarnya menjalani isolasi mandiri dan 77 orang diantaranya dirawat di rumah sakit.

Sedangkan secara keseluruhan, virus corona di daerah itu hampir menginfeksi 6 ribu jiwa. “Total warga terkonfirmasi saat ini mencapai 5.974 kasus,” jelasnya.

Dilihat dari tingkat kesembuhan beberapa hari terakhir, pihaknya optimistis penyebaran wabah di Agam akan dapat ditekan. Tentu kata Yosefriawan, dengan dukungan semua elemen, khususnya masyarakat dengan terus disiplin protokol kesehatan.(md)