Dalam menahan lajunya wabah pandemi covid-19 di Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Pemerintah Kenagarian setempat membagikan ribuan masker kepada pengunjung pasar Nagari Abai.

Termasuk para pedagang yang tidak mengenakan masker disaat transaksi jual beli. Hal dalam menekan jumlah sebaran wabah pandemi di negeri berlantai emas itu, dengan harapan agar pasar jangan jadi episentrum penyebaran covid.

“Kita bersama tim turun ke pasar nagari Abai untuk membagikan ribuan masker, baik kepada pengunjung pasar maupun para pedagang. Intinya, kita harus tekan angka penyebaran covid melalui tempat transaksi jual beli di pasar,” ungkap Pj Wali Nagari Abai, Beni Suhendra, Kamis (29/7/2021) saat penyaluran masker di Pasar Abai.

Dijelaskannya, pendistribusian ribuan masker di pasar dilakukan bersama jajaran Polsek Sangir Batang Hari, Pengurus Pasar  Nagari Abai, dan dibantu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Imam Bonjol Padang.

Sebab pihak kenagarian menurut Beni Suhendra, tidak menginginkan Nagarinya atau jorongnya masuk asesmen zona merah Covid. Sebelum pasar jadi episentrum penularan wabah pandemi tidak berwujud itu, maka alangkah sebaiknya bersama-sama melakukan pencegahan.

“Disamping himbauan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Abai, kita juga perlu melakukan pencegahan penularan covid di pasar. Agar nagari dan warga jorong kita aman dari pandemi ini,” tuturnya.
Pelaksanaan ini sesuai arahan Bupati Solok Selatan Khairunas, agar Wali Nagari mampu membantu melakukan pencegahan, dan memutus mata rantai wabah Covid di Nagari masing-masing.

Di hari pasar Kamis di Abai sebutnya, Pemerintah Kenagarian menyalurkan 1.000 masker. Sebab masih banyak masyarakat tidak menggunakan masker saat bepergian ke pasar dan ini perlu menjadi perhatian dari Nagari dan melindungi masyarakatnya.

“Kami punya motto, Pakai Masker atau Mati, tidak pakai masker bisa mati terlular pandemi. Lebih baik dicegah dari pada mengobati penyakit virus ini,” terangnya. Adi

Aparat Kepolisian Polsek Sangir Batang Hari juga turut membantu pendistribusian masker ke pengendara saat bepergian ke pasar Abai