Bukittinggi, Kopasnews.com — Dua orang perwakilan Forum Anak Daerah (Forda) Bukittinggi berhasil duduk di kepengurusan Forda Provinsi Sumbar atas nama Muhammad Muhuzaki Saputra dan Nabila Raudhatul Jannah.

Bahkan Nabila Raudhatul Jannah pun menjadi utusan Propinsi Sumbar untuk kepengurusan Forda tingkat nasional.

“Kita apresiasi anak-anak Bukittinggi yang sudah membawa nama baik daerah di tingkat Provinsi dan Nasional,” kata Walikota Bukittinggi, Erman Safar, Rabu (28/7/2021).

Walikota akan memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada Forda Bukittinggi untuk menyampaikan keinginan dan suaranya dalam rangka Pemenuhan 31 hak anak di Kota Bukittinggi. 

Salam dialognya Forum anak tersebut, Walikota mengharapkan agar anak-anak Kota Bukittinggi lebih banyak membaca, terutama kisah tokoh-tokoh bangsa, tokoh minang, dan tokoh agama. Karena dengan membaca akan meningkat pengetahuan anak-anak. 

Wako juga memberikan beberapa rujukan buku untuk dibaca forum anak antara lain buku tentang kisah Mohammad Hatta (Bung Hatta).

Walikota pun memberi tantangan kepada forum anak untuk mulai membaca melalui bedah buku dan didiskusikan  secara rutin satu bulan, yang akan dihadiri langsung oleh Wako o melalui zoom meeting. 

“Kita akan bedah buku dan diskusi tentang tokoh bangsa yaitu muhammad Hatta Wakil Presiden pertama urang minang dan akan dilaksanakan akhir Juli ini,” bebernya.

Fasilitator Forum Anak, Hanifati Nadhilah menyampaikan, tentang stop perkawinan anak usia dini dan dalam proses perencanaan pembangunan. Dimulai dari tahap musrenbang tingkat kelurahan atau kecamatan dan kota agar mengikut sertakan forum anak sebagai perwakilan anak-anak kota bukittinggi untuk menyuarakan hak-haknya. 

“Kita meminta dilibatkan dalam setiap agenda Musrembang, mulai kelurahan, Kecamatan dan Kota Bukittinggi,” harap Duta Anak utusan Bukittinggi ke Forum Anak Pusat tahun 2019 itu. (ton)