Tiga Daerah di Sangir Balai Janggo Masuk Zona Merah

  • Adit
  • 25 Juli 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tiga Daerah di Sangir Balai Janggo Masuk Zona Merah

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengkonfirmasi, tiga jorong di Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) ditetapkan sebagai zona merah hasil asesmen situasi covid-19 setiap pekan. 

Umumnya yang terpapar covid-19 karyawan perusahaan, baik pekerja kebun sawit atau tenaga pendidikan yang dikontrak perusahaan.

Ketiga jorong tersebut yakni jorong Kurnia Nagari Talunan Maju, kemudian Bukik Batu Jorong Log Batu Sandi dan Jorong Sungai Tangah PT KSI Nagari Sungai Kunyit.

“Jorong Sungai Tangah KSI masih bertahan di zona merah sejak minggu lalu, sedangkan jorong Bukik Batu dan Kurnia ditetapkan hari ini masuk zona merah berdasarkan data asesemen jumlah terkonfirmasi positif covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman, Minggu (25/7/20217).

Data asesmen situasi covid-19 ini sebutnya akan mengalami perubahan setiap minggunya, sesuai data yang dikumpulkan Dinas Kesehatan di 47 nagari di tujuh Kecamatan di Solok Selatan.

Dia mengatakan, asesmen covid dari 276 jorong di Kabupaten Solok Selatan, 231 jorong berada dalam zona hijau, 34 jorong dalam zona kuning, 8 jorong dalam zona orange dan 3 jorong dalam zona merah (tidak aman) karena berada di level 4 covid.

“Penetapan zona covid di Solsel akan kita update setiap minggunya, sehingga masyarakat mengetahui kondisi terkini zona di setiap jorong di Solsel,” bebernya.

Kabupaten Solok Selatan masih berada pada zona kuning level 2 atau resiko ringan. Justru itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan covid disamping menjalani program wajib pemerintah melalui vaksinasi untuk peningkatkan imun tubuh.

Minggu lalu, kata Novirman, tiga jorong yang masuk zona merah atau level 4 yakni Jorong Alai Sako Nagari Pasir Talang Selatan Kecamatan Sungai Pagu, Jorong Taratak Bukareh Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo dan Jorong Sungai Tangah PT KSI Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

“Jorong Alai Sako dan Jorong Taratak Bukareh sudah keluar dari zona merah, namun Jorong Sungai Tangah PT KSI masih merah,” jelasnya.

Sementara, Wali Nagari Sungai Kunyit, Rusli Datuak Rangkayo Basa mengatakan, dua jorong di Nagarinya yang masuk zona merah itu, merupakan kawasan perusahaan.

“Umumnya yang terpapar covid di Jorong Bukik Batu dan Jorong Sungai Tangah KSI merupakan karyawan perusahaan,” terangnya. Adi

error: Content is protected !!