Bagi pecinta olahraga Aero Spot di tanah air. Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Provinsi Sumatera Barat memang kaya akan Sumber Daya Alamnya (SDA)nya, tidak sekedar menawarkan Objek Wisata alam, budaya, sejarah, dan wisata religi level nasional. Namun disisi olahraga juga hadirkan arena Aero Sport Paralayang bertaraf Internasional selevel Asia Tenggara. 

Diawali dengan ketinggian 25 meter hingga batas ekstrem 1.400 mdpl, satu-persatu putra putri daerah Kabupaten Solok Selatan berbakat merasakan terbang mengudara melalui Aero Sport atau olahraga paralayang. 

Dari ketinggian yang wajar hingga kebatas ekstrem disana  menguji keberanian dan adrenalin para calon atlet di venue bertaraf Internasional.

Bahkan olahraga ini sudah masuk program sekolah. SMAN 6 Solsel satu-satunya sekolah setingkat SLTA di Indonesia yang memiliki ekstrakurikiler Paralayang tersebut, kata pihak sekolah sebagai bentuk inovasi dalam menciptakan atlet aero spot bagi putra putri daerah.

“Hasil inventarisir, Solsel punya lokasi lebih bagus karena berada diatas ketinggian 1.000 mdpl. Bahkan dinilai Pordirga Gantole dan Paralayang Indonesia (PGPI) venue Aero Sport disini (Solsel,red) bertaraf Internasional selevel Asia Tenggara,” ungkap Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Solok Selatan, Syamsuria, Sabtu (24/7/2021).

1. Puncak Tito terletak di Nagari Alam Pauhduo, Kecamatan Pauh Duo

Puncak Tito dengan ketinggian 1.400 mdpl, dinilai bertaraf Internasional dan arena terbaik di Provinsi Sumatera Barat

Akses jalan kelokasi lebar jalan 6 meter, sudah berkali kali dilakukan uji coba penerbangan calon atlet yang dibina oleh SMAN 6 Solsel, Top lending. Venuenya dikelilingi komuditi kopi arabika berjarak sekitar 20 KM dari Padang Aro, pusat Ibukota Solok Selatan.

Pemandangannya yang begitu indah dan mempesona dari ketinggian, bisa jadi objek wisata dirgantara dan agrowisata serta tempat persinggahan. 

2. Puncak senyap di Camintoran Golden Arm, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir

Puncak Senyap ini memiliki ketinggian 1.360 mdpl, berjarak sekitar 3 KM Pusat Kota Solsel atau sekitar 1 Km dari Kantor DPRD Solsel dan Mako Polres Solsel. 

Disana pemandangan sangat bagus dan berkabolorasi dengan objek wisata negeri diatas awan Camintoran di lokasi Venue. Camintoran bisa dilakukan bermacam-macam kegiatan latihan ground, cara mengembangkan parasut. Bisa terbang jauh mengelilingi Solsel (top) landing.

3.Puncak Alau di Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir

Puncak Alau ini memiliki ketinggian 612 mdpl, dimanfaatkan untuk Lantihan Ketepatan Mendarat (LKM), atau latihan biasa. Dilokasi latihan ini take off 420 meter, ketinggian landing 400 meter.

Bagi pecinta olahraga Aero Sport ayo uji nyalimu ke Solok Selatan. (Adi)

error: Content is protected !!