Kemensos RI Siapkan Rp7,08 Triliun Bantuan Terdampak Pandemi

  • Adit
  • 23 Juli 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Kemensos RI Siapkan Rp7,08 Triliun Bantuan Terdampak Pandemi


Kementerian Sosial RI menyiapkan Rp7,08 triliun untuk bantuan tambahan bagi masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi covid-19.

Bantuan sosial tersebut akan disalurkan sebesar Rp200.000 per keluarga setiap bulannya, selama Kota/Kabupaten menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.

“Untuk meringankan beban masyarakat miskin dan rentan yang terdampak pandemi, kita Kemensos RI siapkan Rp7,08 triliun untuk 5,9 juta Kepala Keluarga,” kata Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Jumat (23/7/2021).

Penerima bantuan ini sebutnya, merupakan usulan dari Pemerintah Daerah di luar penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Jadi, merupakan usulan baru masyarakat yang berdampak pandemi covid-19 di luar penerima bantuan tetap dari Pemerintah Pusat.

“Mereka (penerima) 5,8 juta ini data baru, datanya dari Pemerintah Daerah di tanah air. Bantuan yang kita salurkan sebesar Rp200 ribu/KPM selama bulan Juli-Desember 2021,” tutur Mensos Risma.

Dengan demikian, Kementerian Sosial pada bulan Juli 2021 ini bakal menyalurkan enam bantuan untuk penanganan dampak pandemi. 

Hal ini sebagai upaya dari Pemerintah meringankan beban masyarakat yang betul-betul terdampak akibat melonjaknya kasus wabah pandemi di tanah air.

“Mudahan dapat meringankan beban masyarakat,” tuturnya. ton

error: Content is protected !!