Dari 9.000 seragam gratis yang disediakan ditahun ajaran baru 2021/2022 melalui APBD Solok Selatan senilai Rp1.193.100.000, namun baru 221 seragam yang sudah direalisasikan kepada siswa baru.

Penyaluran seragam gratis itu sudah dilounching di tiga sekolah oleh Bupati Solok Selatan Khairunas dan Wabup Yulian Efi, juga dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Irwandi Osmaidi, Senin (12/7/2021).

Lounching perdana program seragam gratis ini di SMPN 3 Solok Selatan. SMP Pusat Kabupaten Solsel tersebut menerima 185 seragam sesuai jumlah siswa baru. Kemudian SDN 04 Timbulun mendapatkan 15 seragam dan SDN 02 Pakan Selasa menerima 21 seragam. Dan telah diserahkan secara simbolis ke siswa laki-laki dan perempuan di tiga sekolah tersebut.

Dengan rincian, seragam merah putih dan pramuka untuk SD dan seragam putih buru dan pramuka untuk SMP, khusus diperuntukan bagi siswa baru. Sedangkan seragam olahraga dan seragam muslim belum diakomodir di APBD Solsel sesuai pernyataan Kepala Dinas Pendidikan.

“Hari ini baru tiga sekolah yang telah kita salurkan, yakni di SMPN 3 Solsel, SDN 02 Pakan Selasa dan SDN 04 Timbulun,” kata Bupati Solok Selatan, Khairunas.

Siswa baru kelas satu di SD dan SMP akan mendapatkan masing-masing sepasang seragam sekolah dan sepasang seragam pramuka dari dana APBD Solsel senilai Rp1,19 miliar tersebut.

Pesan Bupati dan Wabup agar pihak sekolah negeri dibawah naungan pemerintah untuk menjaga kualitas pendidikan dengan baik. Agar jangan kalah dengan mutu sekolah agama, sebab pendidikan menjadi ujung tombak masa depan daerah.

“Mutu dan kualitas pendidikan harus dibenahi dengan baik, ini tugas Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan,” tuturnya. (Adi)