Pantai Gondoriah Kota Pariaman ditanami  pohon Pinago sebagai tanaman pohon khas Pariaman, upaya pemerintah dalam penyelamatan lingkungan dari dampak abrasi pantai.

Penanaman dilakukan usai mengikuti pembukaan Jambore Kader PKK Berprestasi ke-XVIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Rabu (7/7/2021).

Penanaman juga dilakukan oleh Wagub Sumbar, Forkopimda Provinsi, beserta sejumlah kepala daerah lain di Sumbar. 

Menurut Wakil Gubernur Sumbar, Pohon Pinago ini merupakan salah satu usaha untuk penyelamatan garis pantai di Kota Pariaman, terutama ancaman terhadap abrasi pantai dan rusaknya ekosistem pinggir pantai.

“Kita harus selamatkan garis pantai dari ancaman abrasi air laut, ini agar ekosistem pinggir pantai tidak mengalami kerusakan,” tuturnya.

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi yang ikut serta melakukan penanaman pohon Pinago, mengatakan, upaya pemerintah dalam melindungi ekosistem pantai melalui gerakan penanaman pohon ini, sebagai bentuk memberikan keseimbangan lingkungan dipantai Gondoriah  Kota Pariaman.

Disisi lain Wabup Yulian Efi mengapresiasinya kader PKK Solok Selatan yang berhasil meraih penghargaan pada tiga kategori lomba gerakan PKK yang diselenggarakan pada bulan Juni 2021 lalu.

“Kita apresiasi dedikasi para kader PKK berprestasi Solok Selatan, sehingga mampu meraih berbagai penghargaan pada jambore tahun ini,” tuturnya.

Mudahan saja dapat memotivasi kader kader PKK baik di Tingkat Nagari, Kecamatan, dan Kabupaten untuk bekerja lebih giat dalam rangka mensukseskan 10 program pokok PKK.

“Mudahan jadi motivasi dalam meningkatkan kinerja yang lebih baik di Jambore kali ini,” terangnya. Dit