Patut Dibanggakan, 10 Siswa SMAN 3 Solsel Lulus Program Beasiswa SMBK Dalam Negeri

  • Adit
  • 6 Juli 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Patut Dibanggakan, 10 Siswa SMAN 3 Solsel Lulus Program Beasiswa SMBK Dalam Negeri

Peluang beasiswa sudah didepan mata untuk 10 orang siswa terbaik SMAN 3 Solok Selatan di tahun 2021, dan ini jadi kebanggaan sekolah dan orang tua dalam melanjutkan pendidikan putra putri daerah di Perguruan Tinggi dalam negeri.
Bagi yang lulus program Seleksi Mandiri Berdasarkan Kerjasama (SMBK) antara Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dengan Universitas Andalas (Unand) Padang, akan di danai di APBD Solsel nantinya.

“Saya sangat terharu dengan keluar hasil pengumuman seleksi SMBK ini, masuk Fakultas Kedokteran Unand Padang akan di danai APBD Solsel,” tutur Siti Nurviah salah seorang siswi SMAN 3 Solsel yang lulus seleksi SMBK masuk Fakultas Kedokteran Unand Padang, Selasa (6/7/2021) di Lubuk Gadang.

Dia mengatakan, semua ini berkat ilmu yang dibekali para guru di SMAN 3 Solsel ini, serta dukungan moral dari Kepala Sekolah. 

Apa yang sudah diraihnya bersama-bersama teman-temannya, sebuah hal yang harus didapatkan pelajar Solsel yang akan disiapkan untuk pengabdian di daerah Solsel. Juga jadi kebanggan sekolah dan orang tua.

“Saya sempat nangis, karena tak yakin bisa lulus seleksi SMBK kerjasama Pemkab-Unand,” ujar calon dokter umum itu.

Sementara, Kepala SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra mengatakan bangga dan terus mensuport anak didiknya untuk lebih sukses lagi dimasa akan datang.

Dari 10 orang siswanya yang lulus seleksi masuk PTN melalui kerjasama Pemkab Solsel-Undand Padang tahun 2021, 2 orang lulus di jurusan Kedokteran Umum, 1 orang Kedokteran Gigi, 2 orang Teknologi Industri Pertanian, 3 orang jurusan Hukum, 1 orang Teknik Mesin dan 1 orang ilmu Komunikasi.

“Kita sangat bersyukur karena siswa SMAN 3 bisa bersaing dalam SMBK ini, calon dokter 3 orang, tenologi pertanian 2 orang, hukum 3 orang. Sedangkan teknik mesin dan komunikasi masing-masing 1 orang,” paparnya. 
Program kerjasama itu sebut Akmalu, baru saja dijalin kerjasamanya pada Juni 2021 sesuai visi misi Bupati dan Wabup Solsel Khairunas -Yulian Efi. 

Dan berkat perjuangan kepala daerah putra putri daerah mendapatkan kesempatan di kuliahkan daerah, semoga tahun depan semakin banyak.

“Atas nama sekolah dan orangtua,kami mengucapkan terimakasih atas program kerjasama Bupati-Wabup dengan Unand dalam memajukan pendidikan di Solsel,” ulasnya.

Selain lulus program SMBK, 98 orang anak didiknyan kata Akmalu lulus Perguruan Tinggi tersebar di seluruh Nusantara.

Terpisah, Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan, bagi yang lulus untuk lebih maksimal dalam menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai program studi yang diambil.

Kerjsama SMBK ini dijalin Pemkab dan DPRD Solsel dengan pihak Kampus Unand Padang pada 21 Juni 2021 bulan lalu di Gedung Rektorat Unand di Padang.

“Program kerjasama ini untuk menyiapkan SDM putra putri terbaik daerah dimasa akan datang, pesan kita belajar dengan baik dan mengembangkan potensi dirinya dengan maksimal,” ujarnya. 

Program ini sesuai dengan kebutuhan SDM dan potensi di Solsel. Justru itu dibangin ‘Link and Match’ antara dunia usaha dan dunia kerja sesuai lulusan dari Universitas.

“Kita juga sediakan beasiswa unggulan daerah untuk Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri. Ini demi perbaikan dan peningkatan SDM daerah, untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam yang ada,” terangnya. Adit

error: Content is protected !!