Budidaya Jamur Sawit. Dok.Istimewa

Jamur Sawit Talao yang dihasilkan dari tandan kosong (tankos) kelapa sawit dibudidayakan oleh Kelompok Tani Budidaya Jamur Berokah, Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Hal ini untuk memenuhi permintaan pasar akan produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dari jamur kelapa sawit, seperti krispi jamur, dendeng jamur, sarundeng jamur, bakso jamur dan lainnya. Rencana kedepan juga akan di produksi dendeng jamur.

“Tingginya permintaan pasar, sehingga kami membudidayakan jamur sawit Talao. Sebab jamur sawit yang dihasilkan di alam, produksinya tidak banyak jika dibandingkan lewat budidaya,” kata Ketua Kelompok Tani Budidaya Jamur Berokah, Jorong Talunan Maju, Purwanto, Senin (5/7/2021).

Selama ini Jamur Sawit Talao yang dikelola pengrajin makanan ringan di Nagari Talao Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, hanya memproduksi jamur sawit alam. 
Dan bukan melalui mekanisme budidaya seperti yang dilakukan Keltan Jamur Barokah yang akan mampu memproduksi tankos sawit kisaran 40-50 kg.

Upaya ini sebagai bentuk penyiapan produk unggulan ‘one village one product’ yang dicanangkan bagi setiap kenagarian oleh Muslim sebagai Camat Sangir Balai Janggo.

“Kita memanfaatkan cangkang atau tankos sawit yang sudah lapuk dan ini merupakan limbah sawit yang difragmentasi mampu menghasilkan jamur untuk produk makanan ringan. Ini bentuk inovasi atas bimbingan Camat Sangir Balai Janggo,” ungkapnya.

Mengingat tingginya permintaan pasar, sebut Purwanto, sehingga ia melakukan pengembangan budidaya Jamur Sawit Talao di Talunan Maju.

Jika di Talao dengan ciri khas jamur yang tumbuh di alam lingkungan perkebunan kelapa sawit, namun di Talunan lewat budidaya di rumah Kelompok Tani Jamur Barokah yang ia pimpin. Produk jamur ini dibawah binaan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah, Bupati, Kapolres dan PTVI.

“Kita memfragmentasikan dalam dua jenis klasifikasi pengolahan, pertama melalui budaya semi intensif dan intensif,” ujar pria pencetus produk jamur sawit Talao itu. Adi