Masyarakat Suka Bumi Jorong Bukit Malintang, dan Jorong Bukit Malintang Barat, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, menggelar Syukuran Sedekah Bumi ke 76.

Tradisi secara turun temurun itu dilaksanakan setiap tahun, dengan membawa gunungan berisi aneka hasil bumi diarak sepanjang jalan desa di Suka Bumi melalui kegiatan pawai tahunan.

“Tradisi sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur kami atas semua karunia yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Ketua Panitia Syukuran Sedekah Bumi, Juanda, Sabtu (3/7/2021) di Suka Bumi.

Syukuran hasil panen pertanian di daerah itu sebut Juanda, dilaksanakan setiap bulan Zulqaidah menjelang hari raya Idul Adha. Hendaknya menjadi berkah juga bagi pembangunan Solok Selatan kedepannya yang dipimpin oleh Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi.

Mudahan saja dengan berkah syukuran, dapat meningkatkan semangat membangun negeri, demi terwujudnya kebersamaan dan kesejahteraan untuk Semua.

“Jika kita selalu bersyukur, insyaallah nikmat yang diterima masyarakat tahun ini dapat meningkat di tahun depan. Tentu saja dengan berusaha dan berdoa. Selalu bersyukur,” ucapnya.

Disela waktu syukuran Sedekah Bumi, juga digelar acara pemotongan tumpeng oleh Bupati Solok Selatan Khairunas. Serta dilanjutkan pawai gunungan hasil bumi, pertunjukan wayang kulit, gamelan dan berbagai penampilan kesenian budaya masyarakat suku Jawa, yang sudah sejak dahulu mendiami wilayah Solok Selatan.

Acara yang diikuti seluruh masyarakat Jorong Bukit Malintang ini berjalan meriah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Bupati Solok Selatan Khairunas  menyampaikan harapan beliau untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat Solok Selatan. Tahun ini adalah saatnya pemerintah untuk bekerja melayani masyarakat dengan baik, dan tidak lagi tentang kontestasi politik.

“Kita bangga dengan masyarakat Bukit Melintang yang selalu bersyukur atas nikmat hasil bumi yang mereka dapatkan, dan semoga memberikan kesejahteraan,” ujar Bupati. Adi