Memajukan pendidikan di di daerah berjulukan Sarantau Sasurambi itu adalah amanah besar yang diemban oleh Pemerintahan Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi.

Bupati Khairunas pun mengapresiasi Komunitas Gerakan Peduli Pendidikan Solok Selatan (GPP-SS) yang diketuai oleh Romi Putra Hasan, salah satu putra daerah Solok Selatan yang kaya akan prestasi. 

“Di usia yang masih belia, ia telah mendirikan komunitas berisi anak-anak muda yang punya semangat untuk membantu memajukan pendidikan di Solok Selatan. Dan tugas kami sebagai kepala daerah memajukan pendidikan adalah amanah yang besar kami emban,” kata Bupati Khairunas saat menghadiri lahirnya GPP-SS), Sabtu (3/7/2021) di Sungai Lambai.

GPP menurut Bupati, memiliki semangat juang yang sama dengan Pemkab dalam memajukan pendidikan. Bupati telah menjalaninya mulai sejak dimekarkan Solsel daei Kabupaten Solok.

“Semangat 15 tahun lalu, kini telah menjadi mandat bagi saya untuk menjalankan amanah memajukan pendidikan Solok Selatan,” terangnya seiring memotivasi GPP.

Solsel kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), akan tetapi disisi Sumber Daya Manusia (SDM) perlu ditingkatkan lagi. Agar bisa mensejajarkan dengan Kabupaten/Kota lainnya di Sumatera Barat. 

Sebab dalam pendidikan terdapat manfaat yang tak pernah habis, dan meski menjadi perhatian khusus bagi semua pihak. Terutama Pemkab Solok Selatan.

“Walaupun Kabupaten kita kaya dengan Sumber Daya Alam, namun kalau tidak diisi akan dengan pendidikan. Maka akan sia-sia. SDA akan habis, namun pendidikan tidak,” terangnya.

Hal ini sesuai dengan misi utama dalam  program unggulan yang diusung pemerintahan Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia daya yang berkarakter, produktif, dan kompetitif. 

Yang mana dalam upaya mewujudkannya, diperlukan perbaikan di bidang pendidikan. Bupati menghimbau agar semua pihak, bail di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan seperti GPP-SS mau bekerja sama memajukan pendidikan di Solok Selatan.

“Mari sama-sama memajukan pendidikan di daerah, untuk mempersiapkan SDM generasi masa depan,” tuturnya.

Sementara, Ketua GPP Solok Selatan, Romi Putra Hasan, mengikrarkan tekad organisasinya untuk membantu upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan di Solok Selatan.

Komunitas GPP-SS yang kini sudah berusia setahun memang kerap melakukan kegiatan sosial, terutama yang berkaitan dengan bantuan  pendidikan untuk pelajar yang tidak mampu.

“Dalam usia genap setahun, Kami GPP-SS sudah berupaya membantu sisi lemahnya ekonomi pelajar daerah yang memiliki prestasi di dunia pendidikan,” ujarnya. Adi