Kelebihan Pembayaran Insentif Covid-19 Temuan BPK Sudah Disetor ke Khas Daerah

  • Adit
  • 24 Juni 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Kelebihan Pembayaran Insentif Covid-19 Temuan BPK Sudah Disetor ke Khas Daerah

Pegawai Puskesmas se Kabupaten Solok Selatan dan Kepala Dinas Kesehatan melakukan pertemuan dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan, terkait pengembalian temuan kelebihan pembayaran dana insentif Covid-19 dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI.

Kelebihan pembayaran tersebut senilai Rp752.126.690, telah dikembalikan dan sudah disetorkan ke Khas Daerah Kabupaten Solok Selatan.

“Kita mengapresiasi niat baik dari pihak Puskesmas dalam pengembalian kelebihan pembayaran dana insentif Covid-19 ini, karena telah respon terhadap temuan LHP BPK,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Solok Selatan, M.Bardan, Rabu (23/6/2021).

Kejari membenarkan, awalnya pihak Kejaksaan menerima laporan pengaduan masyarakat terhadap salah satu Puskesmas di Solsel, namun setelah dilakukan  pemanggilan pihak terkait ke Kejaksaan Negeri Solsel. Ternyata hampir seluruh Puskesmas di Solsel ada temuan kelebihan pembayaran insentif covid

“Sekarang sudah ada upaya pengembalian ke khas daerah 60 hari setelah adanya temuan BPK,” ujarnya.

Soal temuan dan pembayaran kelebihan insentif tenaga kesehatan itu, pihak Kejaksaan juga telah berkoordinasi dengan Inspetorat Solsel selaku Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Penyetoran ke khas daerah ini sebagai bentuk roh dari Undang-undang Tindak Pidana Korupsi adalah pengembalian kerugian Negara yang telah dikembalikan sesuai dengan temuan LHP BPK.

“Koordinasi kita dengan APIP sudah terealisasi dalam bentuk pengembalian anggaran kelebihan covid,” tuturnya. Ad

error: Content is protected !!