Besok, pendaftaran calon peserta didik baru tahun ajaran baru 2021/2022 akan dibuka melalui ppdb.sumbarprov.go.id.

Seperti di SMAN 3 Solok Selatan dan di SMAN 6 Solsel menjadi sekolah favorit bagi masyarakat sejak beberapa tahun terakhir.
Pendaftaran secara sistem online di SMAN 3 Solok Selatan harus berdasarkan zonasi wilayah yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Serta surat keterangan domisili tidak berlaku bagi calo  peserta didik baru.

“Bagi yang mendaftar diluar zona wilayah, dan upload dokumen keterangan domisili maka akan ditolak secara sistem online, disarankan tamatan SMP dan MTs mendaftar melalui sekolah asal,” ujar Kepala SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra, Minggu (20/6/2021).

Zonasi wilayah yang sudah ditetapkan untuk SMAN 3 Solok Selatan yaitu Nagari Lubuk Gadang, Nagari Lubuk Gadang Utara dan Nagari Padang Air Dingin. 

Namun ada calon siswa yang boleh mendaftar di luar zonasi tersebut, khusus tamatan SMP sederajat dalam kriteria siswa berprestasi atau afirmasi.

“Bagi berprestasi, bisa mendaftar diluar zonasi wilayah akan bersaing dengan calon siswa berprestasi lainnya,” paparnya.

Pendaftaran PPDB online ini katanya, dibuka mulai 21-26 Juni 2021 serentak di Sumatera Barat, dengan kuota siswa baru sebanyak 350 orang melalui website ppdb.sumbarprov.go.id. 

Tahun lalu sebut Akmalu Rijal, surat keterangan domisili bisa jadi syarat pendaftran. Sekarang tidak berlaku lagi, calon siswa baru wajib mengupload scan Kartu Keluarga (KK) asli, kecuali calon peserta didik baru yang akan mendaftar mengalami musibah kebakaran, terdampak bencana longsor dan banjir. Sehingga administrasi kependudukan keluarganya hilang. 

Surat keterangan ini dikeluarkan pihak kepolisian dan hanya berlaku 1 tahun sejak dikeluarkan.

“Artinya, upload surat keterangan domisili tidak berlaku lagi. Kecuali yang mengalami musibah dan administrasi kependusukannya hilang,” tuturnya. 

Sementara itu, di SMAN 6 Solok Selatan, syarat pendaftaran calon siswa baru hanya Kartu Keluarga (KK) saja di upload melalui unggahan dokumen dengan syarat lainnya bagi peserta didik baru.

Kepala SMAN 6 Solok Selatan, Syamsuria menyebutkan, zonasi sekolahnya empat kenagarian yakni Nagari Lubuk Gadang khusus jorong Timbulun, kemudian Nagari Lubuk Gadang Selatan, Nagari persiapan Lubuk Gadang Barat, Nagari Persiapan Lubuk Gadang Barat Daya.

“Bagi yang mau bersekolah, kita akan runtuh dengan baik dan carikan solusi bea siswa dan sekolah gratis bagi kurang mampu,” jelasnya.

Kebutuhan calon siswa baru di SMAN dikelilingi perkebunan teh itu, disediakan 7 rombongan belajar dengan kapasitas 252 siswa.

“SMAN 6 satu-satunya SMAN di Solsel yang melakukan pembinaan terhadap siswa berbakat olahraga. Terutama paralayang,” bebernya. Adi