Sebanyak delapan dari 18 kategori destinasi wisata di Sumatera Barat (Sumbar) masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Sumatera Barat, Doni Hendra menyampaikan, ada tiga cara dukungan yang bisa dilakukan oleh masyarakat Sumatera Barat di 19 Kota Kabupaten, termasuk Para Perantau Minang di tanah air, terkait masuknya 8 kategori destinasi wisata Sumbar di ajang Nominasi API 2021.

Pertama, dapat memberikan pilihan dukungan pada destinasi yang masuk pada periode Pemungutan suara (voting period) antara tanggal 01 Juli hingga 31 Oktober tahun 2021.

Dukungan kedua, bisa dilakukan melalui pemungutan suara (voting) IG@ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel API award dan SMS Premium.

Ketiga, dalam bentuk SMS Premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 & berlaku semua provider dengan keyword sesuai tabel.
Contoh : untuk memilih Goa Batu Kapal ketik API 18C dan kirim ke 99386

“Ayo bantu kirimkan suara pilihan sebanyak-banyaknya untuk menjadikan wisata kebanggaan Urang Sumatera Barat yang terbaik di ajang Anugerah Pesona Indonesia,” harap Doni Hendra, Rabu(16/6/2021)
Berikut daftar ke 8 kategori Nominasi API 2021 sebagai destinasi wisata Heart Of Indonesia.
1.Heart of Minang Kabau Kabupaten Solok Selatan kategori Brand Pariwisata keyword Api 4D. 
2.Goa Batu Kapal Kabupaten Solok Selatan kategori Surga Tersembunyi keyword API 18C.
3.Teh Gaharu Kabupaten Sijunjung kategori Minuman Tradisional keyword Api 2H. 
4.Kampung Rendang Kota Payakumbuh Kkategori Destinasi Belaja keyword API 5F.

5.Museum Buya Hamka Kabupaten Agam keyword API 12 F Kategori Situs Sejarah.

6.Tenun Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar kategori Cendra Mata keyword Api 6H.
7.Bakajang Kabupaten Limapuluh Kota kategori Aktraksi Budaya keyword API 13A.
8.Kapalo Banda Taram Kabupaten Limapuluh Kota kategori Destinasi Baru keyword API 17E.

“Kita berharap dukungan dalam bentuk aksi nyata dan informasikan bentuk dukungan ke komunitas dan asosiasi pariwisata yang ada di Kota/Kabupaten di Sumatera Barat,” tuturnya. Adi