Danau yang tersembunyi di Solsel Sumatera Barat

Para pecinta wisata ditanah air, belum banyak mengetahui keberadaan objek wisata ‘Danau’ yang sangat unik dan tersembunyi di perbukitan yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar dan kecil yang masih arsi serta terjaga dengan baik.

Danau tersebut terlihat melingkar seperti kauali dengan luas sekitar 1 hektar. Objek wisata ini terletak di puncak bukit Gunung Bontak, sehingga dinamai Danau Bontak oleh masyarakat Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat.

Alamnya masih arsi dengan hadirnya pohon-pohon yang rindang mengelilingi Danau. Jika dikembangkan, akan bisa menjadi pelengkap objek wisata ada di Kabupaten Solok Selatan.

Wisata Danau yang tersembunyi ini berjarak 300 meter dari dari pintu rimba dan sekitar 3,5 KM dari gerbang pendakian Gunung Kerinci di Bangun Rejo, Nagari Lubuk Gadang, Sangir.

“Luas danau ini sekitar 1 hektar dan disana sudah ada perahu yang dibuat masyarakat. Dengan kondisi masih hutan, sehingga belum terkelola dengan baik,” ucapnya Sholihin Anggota DPRD Solok Selatan.

Kondisi saat ini akses kendaraan masih sulit, terutama saat musim hujan. Buruknya akses infrastruktur, sehingga menyebabkan pengembangan objek wisata danau bontak yang terletak di gunung bontak belum maksimal untuk dikelola.

Anggota DPRD Solok Selatan, itu mengatakan, Penataan dan pengelolaan danau bontak katanya, butuh biaya perbaikan infrastruktur jalan terlebih dahulu. Sebab danau ini akan menjadi pelengkap beragam objek wisata yang dikembangkan di Solok Selatan.

Seperti air terjun kembar, Hot Water Boom (HWB), kawasan seribu rumah gadang (KSRG), rumah gadang panjang yang lebih dikenal rumah gadang terpanjang di dunia, Goa Batu Kapal (GBK), camintoran dan lainnya.
Artinya, aneka ragam wisata ada di daerah ini. Ketika daerah lain punya lautan dan danau. Solsel juga memiliki danau kecil, indah, flora dan fauna dialamnya terjaga. 
“Bahkan, alam danau bontak ini, jadi pusat penelitian oleh pihak Perguruan Tinggi di Indonesia,” ujarnya. Adi