Mahkamah Agung, Calon Lokasi PN Solsel Layak dan Memenuhi Syarat

  • Adit
  • 11 Juni 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Mahkamah Agung, Calon Lokasi PN Solsel Layak dan Memenuhi Syarat

Tim Mahkamah Agung meninjau kelayakan calon lokasi Kantor Pengadilan Negeri Solsel

Mahkamah Agung (MA) meninjau kelayakan calon lokasi untuk pembangunan Kantor Pengadilan Negeri (PN) Solok Selatan di kawasan Blok Nol, Nagari Lubuk Gadang Barat Daya, Kecamatan Sangir.

Soal kondisi lokasi PN ini menutut MA sudah memadai, serta telah memenuhi persyaratan

“Berdasrakan hasil peninjauan kami tim Mahkamah Agung hari ini, lokasinya layak dan memenuhi persyaratan untuk dibangun Kantor PN Solsel,” ungkap Biro Perlengkapan Mahkamah Agung (MA), Irwansyah, Jumat (11/6/2021). 


Dia menjelaskan, kenapa disiapkan pembangunan PN Solok Selatan, karena daerah ini masih wilayah yusdisinya Pengadilan Negeri Koto baru, Solok dengan kondisi Perkara yang banyak.

“Perkara di Solsel lebih banyak, dan sudah wajar berdiri Pengadilan Negeri disini,” ucapnya.

Makanya sebelum PN dibangun, harus disiapkan Zitting Plate atau permintaan data tempat sidang diluar gedung pengadilan induk di Kabupaten Solok Selatan.

Zitting Plats ini sebagai bentuk penyediaan Balai Sidang Sementara (BSS), dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat untuk pelaksanaan sidang dan tidak perlu lagi datang ke PN Kotobaru, Solok.

Di Balai Sidang ini aparaturnya sudah disediakan dan tinggal pelaksanaan di Gedung Peremuan Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.

“Instansi vertikal sudah ada, tinggal PN nya yang belum,” ucapnya didampingi Ketua Pengadilan Negeri Solok. 

Ini untuk kebutuhan pelayanan masyarakat,dan harus dibangun didaerah ini. Agar biaya yang dikeluarkan masyarakat ketika menghadiri proses sidang sedikit dan hemat. Kalau di Solok pasti nginap,” ucapnya.

Kabag Hukum Pemkab Solsel Ilham berharap segera terlaksana pembangunan Kantor PN Solsel, agar dapat melayani dengan cepat bagi masyarakat yang tersandung masalah hukum. Adi

error: Content is protected !!