Negeri Penghasil Durian Terbesar di Sumbar Siap Kembangkan Durian Standar Ekspor

  • Adit
  • 9 Juni 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Negeri Penghasil Durian Terbesar di Sumbar Siap Kembangkan Durian Standar Ekspor


Guru Besar Universitas Andalas (Unand) Padang, Prof.Irfan Suliansyah, mendorong Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menetapkan varietas durian kualitas ekspor untuk dikembangkan.

“Dua atau tiga varietas unggul cukup. Harus disesuaikan dengan kriteria durian yang bisa diterima untuk ekspor ke negara lain, nah pesifikasi durian ekspor ini yang harus kita cari,” ujar Ketua Prodi S3 Fakultas Pertanian Unand itu, Selasa (8/6/2021).

Dia menyebutkan, ada beberapa kriteria durian yang bisa diekspor diantaranya tidak mudah terbuka, daya simpan atau umur simpan lama, tidak terlalu harum atau menyengat, tebal, serta memiliki warna menarik dan rasanya berdaya saing.

Dia yakin, kalau Kabupaten Solsel mampu untuk mencari varietas ini sebagai salah satu daerah penghasil durian terbesar di Sumbar.

Nah, apakah ada kriteria ekspor tersebut yang masuk daftar durian unggul dalam penilaian juri saat digelarnya Festival Durian Solok Selatan.
“Mudahan saja Solsel bisa menguasai pertanian dengan standar ekspor ke luar negeri, sehingga harga durian lebih ekonomis dan menjanjikan kesejahteraan masyarakat pengembang,” pesannya.

Bupati Solok Selatan, Khairunas akan mencari bibit durian kualitas ekspor sesuai petunjuk dan arahan dari Guru Besar Unand Padang, hal ini dalam memacu semangat Solsel wujudkan Kampung Durian kualitas ekspor.

“Intinya, mendorong perekonomian petani durian lebih sejahtera di masa akan datang,” terangnya. Adi

error: Content is protected !!