Tiga jenis tanaman buah akan mampu menjadi lumbung ekonomi masyarakat di daerah, jika mampu dikembangkan dengan baik.

Seperti tanaman durian, manggis, dan alpokat. Jenis tanaman ini merupakan tanaman potensial yang akan dikembangkan di Solok Selatan, Sumatera Barat. 

“Jika satu rumah menanam 5 batang saja, maka Solsel akan menjadi lumbung durian, manggis, dan alpokat. Juga lumbung ekonomi masyarakat daerah nantinya,” kata Bupati Solok Selatan, Khairunas, usai mencicipi durian di kebun warga di Jorong Koto Rambah, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Selasa (8/6/2021).

Di lokasi kebun durian tersebut, Bupati bersama Wabup Yulian Efi, perwakilan Walhi, Fakultas Pertanian Unand, Kadis Pertanian, pihak kecamatan, kenagarian, panitia festival durian, dan unsur masyarakat, melakukan penanaman bibit durian.

Penanaman bibit pohon durian itu merupakan bagian dari rangkaian festival durian Solsel. Dinas terkait dimintanya untuk melakukan penelitian, termasuk menganggarkan di APBD Solsel agar tiga jenis tanaman buah tersebut dapat berkembang di Solsel.

“Bukan hanya itu, produk olahan Durian, manggis dan alpokat agar dibuat programnya dengan matang oleh dinas terkait,” harap Bupati.

Dia berpesan kepada pemilik pohon durian untuk tidak memanjat buah durian saat akan memanennya, akan tetapi ambilah ketika durian sudah jatuh ke tanah.

Sebab ketika diambil muda ke atas pohon, disisi rasa sangat kurang bagus. Nilai kelezatannya akan hilang, hal ini sekaligus sebagai upaya menjaga dan merawat tanaman buah dengan sebaik-baiknya.

“Kkebiasaan ini perlu jadi perhatian bersama, demi menjaga kestabilan harga durian itu sendiri dengan rasa dan ke khasan durian yang akan dinikmati,” tuturnya. Adi

error: Content is protected !!