Bupati Solok Selatan dan pengendara lainnya terjebak macet di jalan umum Provinsi, akibat belum matangnya pengontrolan jalur lalu lintas di Jorong Manggis, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir.

Pantauan Kopasnews.com dilapangan, dampak kemacetan yang cukup panjang Bupati Khairunas terpaksa harus melewati jalur alternatif melewati pinggir sungai batang sangir dan terlambat menghadiri pembukaan Festival Durian Solok Selatan di Pulau Mutiara.

Sesuai jadwal dari panitia penyelenggara, pembukaan dilaksanakan pukul 13.00 wib. Namun karena terjadi kemacetan akhirnya Bupati dan rombongan tim Provinsi Sumbar tiba dilokasi Festifal Durian sekitar pukul 14.24 wib sore.

Sedangkan pengendara lainnya masih mengalami kemacetan sejak pukul 13.15 wib dan tidak bisa dialihkan ke jalur alternatif pinggir sungai batang sangir karena disana alek Festival Durian digelar.

“Ya, kita sangat menyayangkan terjadinya kemacetan ini. Kondisi ini penyebabnya menurut kami, koordinasi pengaturan lalu lintas belum terlaksana dengan baik,” kata Epriandi salah seorang sopir travel yang hendak menuju arah Padang Aro, pusat kabupaten Solok Selatan, Senin (7/6/2021).

Ervinawati, 27, pengendara sepeda motor yang juga mengalami kemacetan selama 35 menit ketika hendak menuju lokasi Festival Durian Solsel di Pulau Mutiara itu.

Dia menyebutkan, pihak Dinas Perhubungan dibantu Satlantas Polres Solsel. Kondisi macet ucapnya, karena akses jalan sempit dan kendaraan roda dua dan roda empat datang lebih padat dari dua arah berlawanan.

Baik datang dari Kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari menuju Padang Aro, maupun yang datang dari empat kecamatan menuju Pulau Mutiara itu.
“Mungkin saja kemacetan ini karena animo masyarakat tinggi untuk menyaksikan Festival Durian perdana dan sekaligus bentuk dukungan untuk acara penilaian durian unggul khas Solsel,” ucapnya. Adi