Ini Kunci Sukses Pengelolaan Wisata Daerah Penting Diketahui

  • Adit
  • 6 Juni 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Ini Kunci Sukses Pengelolaan Wisata Daerah Penting Diketahui

Rumah Gadang Gajah Maram Kawasan SRG Solok Selatan

“Jika penduduknya ramah maka akan membuat orang yang berkunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama, serta akan datang kembali di lain waktu bersama wisatawan lainnya,” pesan Bupati Solok Selatan Khairunas, pada acara serah terima pengelolaan revitalisasi SRG bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Sumbar Kusworo Darpito, Jum’at (4/6/2021) di Muara Labuh.

Sebab kunci kesuksesan pengembangan pariwisata daerah yang sangat penting menjadi perhatian masyarakat dan pengelola, harus senantiasa ramah dan santun terhadap wisatawan yang berkunjung. Baik di level lokal, nasional maupun touris dari luar negeri.

“Ini harapan kita kepada pengelola dan masyarakat di sekitar kawasan wisata di Solok Selatan. Jadikan wisatawan adalah keluarga dan sahabat terdekat,” terangnya.

Diperjelasnya, khusus masyarakat disekitar SRG harus dapat menjaga kawasan secara bersama-sama dengan baik dan jasa parkir harus sesuai aturan yang ada. Jangan mengambil jasa diluar ketentuan, karena akan bisa membuat wisatawan tidak mau lagi berkunjung ke SRG itu.

Bupati yakin, bahwasannya wisata di SRG akan terus berkembang, termasuk penginapan home stay masyarakat. Untuk itu ia meminta semua unsur yang ada, baik pemerintah, ninik mamak, pemuda dan unsur masyarakat lainnya untuk tetap bersama-sama menjaga agar SRG menjadi kawasan yang nyaman untuk dikunjungi, termasuk masalah keamanannya.

“Fasilitas harus dijaga dengan baik, jangan sampai dirusak apalagi dicuri. Bila kita bersama menginginkan wisata sebaga8 sumber perekonomian bersama,” terangnya.

Terkait pengelolaan kedepan pasca revitalisasi, Bupati mengatakan akan membuat regulasi yang dibutuhkan. Dinas Pariwisata, Dinas PU, Camat, Nagari, masyarakat, dan pihak terkait lainnya diminta untuk duduk bersama membicarakan hal tersebut.

Sementara, Kepala Inspetorat Solok Selatan, Akmal Hamdi menyebutkan, kehadiran  Kepala Balai PPW hari ini di SRG bukan untuk kegiatan serah terima aset, akan tetapi kesepakatan bersama Bupati dalam penyerahan pengelolaan kawasan SRG.
“Baru dalam bentuk penyerahan pengelolaan, soal aset belum,” tuturnya. Adi

error: Content is protected !!