Catat! Ini Daftar 32 Nagari Yang Ikut Pilwana Serentak di Solsel

  • Adit
  • 4 Juni 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Catat! Ini Daftar 32 Nagari Yang Ikut Pilwana Serentak di Solsel

Sebanyak 24 Nagari defenitif di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, bakal menggelar Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di tahun 2022, dan memungkinkan termasuk 8 Nagari persiapan yang akan ikut andil dalam Pilwana tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Nagari (Dinsos PMD) Solok Selatan, Zulkarnaini didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Nagari, Azwar, Jumat (4/6/2021).

Ke 24  nagari tersebut di Kecamatan Sangir terdapat 3 Nagari, yakni Lubuk Gadang Timur, Lubuk Gadang Utara dan Lubuk Gadang Selatan. Kemudian 7 Nagari di Kecamatan Sungai Pagu, yakni Nagari Pasir Talang, Pasar Muara Labuh, Bomas, Sako Utara Pasir Talang, Sako Selatan Pasir Talang, Pulakek Koto Baru dan Pasir Talang Barat.

Selanjutnya Nagari Pakan Rabaa di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, serta 2 Nagari di Kecamatan Sangir Jujuan yakni Lubuk Malako dan Padang Gantiang.

Empat Nagari lainnya di Kecamatan Sangir Batang Hari yakni Nagari Abai, Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan.

Empat Nagari di Kecamatan Pauh duo, yaitu Nagari Alam Pauh Duo, Kapau Alam Pauh Duo, Luak Kapau Alam Pauh duo, dan Pauh Duo Nan Batigo.

Tiga Nagari lainnya di Kecamatan Sangir Balai Janggo, yaitu Nagari Sungai Kunyit, Talao Sungai Kunyit dan Talunan Maju.

“Ada 24 Nagari Defenitif yang akan mengikuti Pilwana serentak di pertengahan tahun 2022, dan ke 24 Nagari tersebut saat ini sebagian telah di isi oleh Penjabat (Pj) Wali Nagari semenjak masa jabatan Wali Nagari defenitif berakhir,” Kadis Sosial PMD Solsel Zulkarnaini melalui Kabid Pemnag, Azwar.

Sementara menurut Kepala Bidang Pemerintahan Nagari (Pemnag) Azwar, menyebutkan, ada sebanyak 8 Nagari persiapan yang juga akan mengikuti proses Pilwana serentak jika mendapat kode desa sampai desember 2021. Dengan rincian 4 Nagari di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, 1 Nagari di Kecamatan Pauh duo, dan tiga Nagari di Kecamatan Sangir.

Pelaksanaan Pilwana serentak digelar, untuk penghematan anggaran biaya yang di keluarkan oleh daerah.

“Jadi, ada 32 Nagari yang ikut Pilwana nantinya. 24 Nagari Defenitif dan 8 Nagari persiapan,” ujarnya.

Sementara 15  Nagari yang masa jabatannya berakhir di tahun 2023-2024 seperti Nagari Koto Baru, sako pasia talang, pasir talang timur, pasir talang selatan, lubuk gadang, Padang Air Dingin, Bidar Alam, padang limau sundai, sukun Barat, Ranah Pantai Cermin, Dusun Tangah, sitapus, Pakan Rabaa Tengah, Pakan rabaa Timur dan Nagari pakan rabaa utara tidak ikut Pilwana serentak,” terangnya. Adi

error: Content is protected !!