Kepala Balai PPW Sumbar Kusworo bersama PUPR Sumbar dan Bupati Solsel Khairunas meninjau kondisi TPA Jujuran, Sangir

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan  pengecekan kondisi Tempat Pembuangan  Akhir (TPA) sampai di Jujuan, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Solok Selatan.

Kepala Balai PPW Kusworo Darpito, menjelaskan, kunjungannya ke Solok Selatan untuk melakukan pengecekan dan pengkajian terhadap kondisi TPA sampah di Jujutan yang telah dibangun di tahun 2017 lalu dengan anggaran APBN sekitar Rp13 miliar. Ini sebagai bentuk prihatin Pemerintah Pusat dalam mengatasi persoalan sampah di daerah 

“TPA ini belum bisa diserah terimakan ke Pemkab Solsel, karena kondisi masih rusak akibat bencana longsor dan perlu ada perbaikan,” ungkap Kepala Balai PPW Kusworo Darpito saat meninjau fisik bangunan TPA bersama PUPR Sumbar dan Bupati Solsel, Jumat (4/6/2021).

Dengan dibenahi kembali, maka TPA sampah dilokasi seluas 10 hektar itu bisa dimamafaatkan daerah untuk pengelolaan sampah.

Dengan begitu sampah dapat terkontrol denga baik dan tidak lagi menjadi kendala bagi daerah untuk pendistribusian sampai di TPA tersebut.

“Mudahan saja secepatnya dilakukan perbaikan,” terangnya.

Kusworo menjelaskan, bahwa agenda lain ke Solsel adalah untuk percepatan serah terima revitalisasi Saribu Rumah Gadang (SRG), yang nantinya berkemungkinan akan diresmikan oleh Presiden atau Menteri PUPR.

Kemudian tim balai juga melakukan pengecekan pembangunan sarana pendidikan yang telah dianggarkan oleh Kementerian PUPR serta pengecekan lokasi pembangunan Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Koto Parik gadang Diateh.

“Ada tiga agenda kita ke Solsel dan rombongan. Masalah TPA, SRG, dan SPAM,” terangnya.

Sementara, Bupati Solok Selatan Khairunas menyambut baik kedatangan Balai Prasarana Permukiman Wilayah besrrta rombonga. Dia berterimakasih atas respon cepat pihak Balai menindaklanjuti kunjungan Pemkab Solsel ke kementerian PU&PR beberapa waktu lalu.

“Atas nama pemkab, kami mengucapkan banyak terima kasih atas respon cepat tim Balai PPW Sumbar kunjungan lapangan ke Solsel,” ucapnya.

Bupati jmengatakan bahwa kunjungan  lokasi TPA dan kawasan SRG. Ia berharap agar pekerjaan rehab TPA dapat dilaksanakan dalam waktu dekat dan serah terima pekerjaan revitalisasi SRG juga dapat berjalan dengan baik. 

“Mudahan saja rehab TPA segera dilakukan agar dapat dimanfaatkan oleh Pemkab Solsel dalam mengatasi persoalan sampah daerah,” tuturnya. Adi