SMAN 3 Siapkan Generasi Berkarakter

  • Adit
  • 2 Juni 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada SMAN 3 Siapkan Generasi Berkarakter

Juri lomba memasak Meldo Oren, Maisardi B.Ameh, Yesi Purwari, tengah melihat hasil karya siswanya di SMAN 3 Solsel

SMAN 3 Solok Selata siap mewujudkan generasi berkarakter dalam menghadapi segala tantangan di masa akan datang disegala bidang kehidupan sesuai arahan dan bimbingan Bupati Solok Selatan.

“Kita berkomitmen membangun generasi emas berkarakter disamping Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Disamping cerdas cara berpikirnya, siswa akan mampu berperilaku yang baik dan punya pikiran untuk kegiatan positif, hal ini merujuk kepada visi kepala daerah di Solsel,” ungkap Kepala SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra, Selasa (1/6/2021).

Sebab dinamika Sumber Daya Manusia (SDM) berkarakter itu, harus menjadi ciri khas setiap individu siswa. Dibentuk dalam lingkungan sekolah, mereka harus mampu menyesuiakan diri dilingkungan masyarakat untuk kegiatan yang positif.

Dikatakannya, individu berkarakter baik, akan mampu membuat keputusan dan siap bertanggungjawab terhadap keputusan yang diambilnya.

Apalagi menjelang ujian kenaikan kelas di SMAN 3 Solsel ini, sebut Akmalu, anak didiknya telah mengisi kegiatan fashion show, pidato agama, lomba memasak makanan dan lainnya.

“Siswa harus cerdas dalam berfikir, berbuat dan bertindak. Melalui kegiatan sosial, agama, serta mampu bekerjasama tim dalam membuat kegiatan yang positif bagi siswa lainnya dan dilingkungan masyarakat,” paparnya.

Juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 3 Solok Selatan ke 29 dan memperingati Hari RA Kartini.

“Generasi emas harus mampu menjadi garda terdepan untuk kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Disaat situasi dan kondisi pandemi covid-19, banyak kegiatan-kegiatan sekolah yang tidak terlaksana, bagi yang bisa dilaksanakan harus mengacu pada protokol kesehatan covid-19.

Akmalu mengatakan, untuk tahun ajaran 2020-2021 ini siswa siswa SMAN 3 Solok Selatan yang tamat sebanyak 334 orang dan sudah banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PT) di seluruh Indonesia.

“Ditahun ajaran baru 2021-2022 penerimaan siswa baru di sekolah kita sebanyak 350 orang  dengan ketersediaan 10 ruang belajar, rekrutmen siswa baru ini dimulai 21- 26 Juni 2021 sesuai dengan kesepakatan bersama. 

Sementara, Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan, keinginannya dalam membangun SDM berkarakter dan kompetitif, sebagai bentuk menyiapkan generasi emas yang berfikir matang dan jauh dari pengaruh narkoba, kriminal dan lainnya.

“Kita berharap seluruh sekolah di Solsel mampu menerapkan dengan baik, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA sederajat,” terangnya.

Bupati Solsel Khairunas menyebutkan, akan mengevaluasi seluruh sekolah dalam pencapaian SDM berkarakter dan kompetitif tersebut melalui Kepala Dinas terkait.

“Kita akan evaluasi dan bagi sekolah kewenangan  provinsi. Tentu kita berkorelasi dan berkoordinasi dengan baik dalam pelaksanaan SDM di sekolah SMA sederajat,” paparnya. Adi

error: Content is protected !!