Pusat Kirim 6 Petugas Kesehatan Ke Lubuk Ulang Aling

  • Adit
  • 2 Juni 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pusat Kirim 6 Petugas Kesehatan Ke Lubuk Ulang Aling

Padang Aro, Kopasnews.com — Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman mengatakan, bahwa di tahun 2021 Kabupaten Solok Selatan menerima sebanyak 6 orang tenaga kesehatan melalui program nusantara sehat.

Enam orang tersebut ditempatkan di Puskesmas Lubuk Ulang Aling Jorong Tanah Galo, Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Dengan ruang lingkup wilayah kerja Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah, dan Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan.


“Dari 6 petugas kesehatan yang ditempatkan di Solsel, 5 orang perempuan, dan 1 orang laki-laki,” kata Novirman, Rabu (2/6/2021).

Dijelaskannya, ke enam petugas kesehatan itu, bertugas sebagai Tenaga Gizi, Tenaga Farmasi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Dokter Gigi, Bidan, dan perawat dengan  daerah asal yang berbeda-beda.  

Dari Jeneponto Sulawesi Selatan 2 orang, kemudian dari Kulon Progo, Kendari Sulawei Tengah, Sanggau Kalimantan Barat, dan Pesisir Selatan.

Selama dua tahun kedepan, menurut Novirman para petugas yang telah mengikuti seleksi ketat di kemenkes tersebut akan mengabdikan dirinya di 3 Kenagarian di Lubuk Ulang Aling, dan memiliki beberapa aturan yang harus mereka ikuti. 

“Selama 6 bulan pertama mereka tidak boleh menikah dan hanya diperkenankan pulang satu kali dalam setahun,” paparnya.

Selama pengabdian di Solsel, lanjut Novirman, tenaga kesehatan program nusantara sehat tersebut akan berintegrasi dengan program-program di puskesmas Lubuk Ulang Aling. 

Puskesmas yang berada di daerah sulit transportasi tersebut mulai beroperasi pada 2016 lalu, dan saat ini memiliki 2 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi, sejumlah bidan, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya, baik dari ASN dan tenaga kontrak.

“Nah, sekarang ada penambahan 6 tenaga kesehatan program NS,” ucapnya. Adi

error: Content is protected !!