Tiga Nagari usulan persiapan di Solok Selatan (Solsel) menunggu nomor register Gubernur Sumbar, namun ketiga nagari yang terletak di pusat Kabupaten Solsel tersebut masih terkendala peta wilayah.

Tiga Nagari usulan tersebut Nagari Lubuk Gadang Tengah, Nagari Lubuk Gadang Ranah Pasimpai dan Nagari Lubuk Gadang Camintoran dengan Nagari Induk Lubuk Gadang.

“Disamping menunggu nomor register Gubernur, saat ini kita sedang dalam proses penyelesaian peta,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Solok Selatan, Zulkarnaini melalui Kepala Bidang Pemerintahan Nagari, Azwar, Minggu (23/5/2021).

Dijelaskannya, administrasi usulan pemekaran Nagari Lubuk Gadang menjadi tiga Nagari persiapan harus dilengkapi segera, sebab masih terkendala peta. 

Namun Pemkab Solsel harus melengkapi  administrasi usulan pemekaran yang diangap tim klarifikasi Provinsi Sumbar masih belum lengkap.

“Saat ini sedang dalam proses pembuatan peta, kerjasama Nagari Lubuk Gadang dengan pihak Universitas Negeri Padang (UNP),” jelasnya.

Azwar memperjelas lagi, kenapa dilakukan kerjasama dengan UNP ?. Karena UNP perpanjangan tangan Badan Informasi Geospasial (BIG) dan perpanjangan tangan pemerintah untuk teknologi penginderaan jauh dalam mewujudkan kebijakan one map policy di daerah. 

Jadi, ini dasar Pemkab Solsel bekerjasa.a dengan UNP untuk pembuatan peta wilayah agar administrasi pemekaran  Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir segera memperoleh nomor register Gubernur yang nantinya akan diusulkan ke Pemerintah Pusat.

“Sebab itu, kita butuh arsitektur e-goverment untuk pembuatan peta pemekaran tiga Nagari usulan persiapan  di Lubuk Gadang,” paparnya. Adi