27 Nagari Defenitif Masa Jabatannya Telah Berakhir

  • Adit
  • 22 Mei 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada 27 Nagari Defenitif Masa Jabatannya Telah Berakhir

Kabid Pemerintahan Nagari Azwar

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengkonfirmasi, 27 dari 36 Wali Nagari defenitif  se Solsel masa jabatannya telah berakhir. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Nagari (Dinsos PMD) Solok Selatan, Zulkarnaini menjelaskan, berakhirnya masa jabatan puluhan Wali Nagari defenitif tersebut sejak tahun 2019 hingga 2021, saat ini kekosongan jabatan pemimpin Nagari itu telah diisi oleh Penjabat (Pj) Wali Nagari.

“Pj Wali Nagari akan menjabat hingga selesainya proses Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak yang akan digelar pada pertengahan tahun 2022,” ungkap Zulkarnaini, Sabtu (22/5/2021).

Dijelaskannya, jumlah Nagari yang akan mengikuti proses Pilwana di tahun 2022 sebanyak 36 nagari defenitif dan 8 nagari persiapan.

Ke 44 Nagari tersebut katanya, akan menggelar Pilwana serentak tahun 2022 nanti. Pelaksanaan Pilwana serentak yang menjadi acuan bagi Pemkab Solok Selatan, guna melakukan penghematan anggaran biaya oleh daerah.

“Ini alasan Pemkab Solsel menggelar Pilwana serentak, manfaatnya penghematan terhadap pengeluaran anggara APBD Solsel,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Pemerintahan Nagari (Pemnag) Dinsos PMD Solsel, Azwar menambahkan, wali Nagari yang masa jabatannya berakhir di tahun 2022-2024 ada 9 Nagari.

Ke 9 Nagari tersebut yakni Nagari Koto Baru, Padang Air Dingin, Bidar Alam, Rukun Barat, Ranah Pantai Cermin, Dusun Tangah, Pakan Rabaa Tengah, Pakan Timur dan Nagari Sitapus.

“9 Nagari ini juga ikut proses Pilwana bersama 27 Nagari defenitif lainnya dan 8 Nagari persiapan,” jelasnya

Di tahun 2021 ini ada 9 nagari yang masa jabatan Wali Nagarinya berakhir, yakni Nagari Pakan Rabaa, Pauhduo Nan Batigo, Lubuk Gadang Selatan, Lubuk Gadang Utara, Lubuk Malako, Lubuk Ulang Aling Selatan, Lubuk Ulang Aling Tengah, dan Nagari Abai
19 Nagari lainnya masa jabatannya berakhir di 2019 dan di tahun 2020 lalu.

“Ke 27 Nagari tersebut telah diisi oleh Penjabat (Pj) dengan masa tugas 1-3 tahun,” tuturnya. Adi

error: Content is protected !!