Tim Safari Bawa Berkah Ramadhan Bagi SBJ

  • Adit
  • 6 Mei 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tim Safari Bawa Berkah Ramadhan Bagi SBJ

Bupati Solsel Khairunas serahkan bantuan pembangunan kepada Camat SBJ

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan, penanganaan banjir Sungai Batang Pangian di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo dilakukan siap lebaran Idul Fitri 1442 hijriyah.

Kegiatan normalisasi sungai itu semoga dapat mencegah terjadinya banjir bandang yang kerap membahayakan pemukiman masyarakat.

Selama ini belum menjadi perhatian dari Pemkab Solsel dan hari ini dia melakukan penggarukan agar banjir tidak terulang lagi akibat pendangkalan sungai.

“Usai lebaran Sungai Pangan akan kita normalisasi demi mengatasi terjadinya banjir susulan di musim penghujan,” kata Bupati Solok Selatan Khairunas saat kunjungan bersama Tim Safari Ramadhan Kabupaten di Masjid Baiturrahman Sungai Sungkai, Rabu (5/5/2021) malam.

Bupati menjelaskan, telah melarang perusahaan menanam sawit 5 meter kiri kanan bibir sungai. Perusahaan harus mentaatinya. Bahkan  Pihak PTP VI kata Bupati, berjanji akan membantu merehap namun akan ditunggu realisasinya.

“Melalui APBD Solsel ada 3 KM sungai  dinormalisasi kembali dan diperlebar. Sawit yang berada lima meter dari kiri kanan bibir sungai harus ditebang,” paparnya.

Bupati Minta masyarakat agar mendoakannya untuk selalu sehat dan supaya bisa membangun Solsel lebih baik.


Sudah tiga kali berkunjung ke Sungai Sungkai, Kecamatan Sangir Balai Janggo, dua kali menyerahkan bantuan banjir dan malam ini mengantarkan bantuan pembangunan masjid Baiturrahman bersama Tim Safari Ramadhan (TSR) Kabupaten senilai Rp20 juta dan dari Ketua Basnaz Solsel Soewandi Suib sebesar Rp21.918.000.

Bupati Solsel Buka bersama dengan tim Safari Ramadhan Kabupaten di Sungai sungkai

“Masa lalu saya banyak di Sungai Sungkai, terasa kampung kelahiran. Malam ini datang menyapa dunsanak kami, kerabat kami, kita harus bersatu membangun daerah hilangkan perbedaan Pilkada,” kenangnya.

Bupati ke SBJ didampingi Asisten I Fidel Efendi, Ketua Basnaz Soewandi Suib, Kabag kesra Zuardi, Kabag humas Firdaus Firman, Kasubag Protokoler Ahmad Mukhtar, Dinas Kertran Basrial dan lainnya.

Sementara Pj Wali Nagari Sungai Kunyit, Rusli Dt Rangkayo Basa menyampaikan, akan mengajukan proposal ke Pemkab Solsel untuk kebutuhan anggaran pembangunan pagar masjid Baiturrahman Sungai Sungkai. 

“Pasca gempa, masjid ini sudah direnovasi kembali. Namun untuk pagar kami terkendala anggaran untuk pagar, tentu berharap bantuan dari Pemkab Solsel,” ujarnya.

Dia menjelaskan, walaupun baru 8 hari masa kerja Bupati Solsel usai dilantik, sudah dua kali berkunjung ke Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo itu.

Pertama mengantarkan bantuan banjir Sungai Batang Pangian dan malam ini juga menyerahkan bantuan pembangunan  Masjid bersama Tim Safari Ramadhan yang dipimpin Bupati

“Kami juga butuh perbaikan jalan dari Jorong Mercu menuju Jorong Sungai Sungkai yang kondisinya sudah rusak parah. Termasuk jalan tembus Sungai Rumbai-Sungai Sungkai, ini harapan masyarakat kami kepada Bupati Solsel,” paparnya. Adi

Bupati Khairunas rahkan Bantuan kepada pengurus masjid baiturrahman

error: Content is protected !!