Jalan Tembus Solsel-Dharmasraya Ubah Imeg Daerah Pelosok

  • Adit
  • 6 Mei 2021
  • Komentar Dinonaktifkan pada Jalan Tembus Solsel-Dharmasraya Ubah Imeg Daerah Pelosok

Bupati Solsel Khairunas saat berkunjung ke Sangir Balai Janggo

Bupati Solok Selatan berharap dukungan seluruh masyarakat Kecamatan Sangir Balai Janggo, untuk  pembangunan jalan tembus Sungai Sungai Sungkai-Sungai Rumbai diajadikan jalan Nasional.

“Pembangunan jalan ini akan kita perjuangan dengan Bupati Dharmasrya  dalam kegiatan Musrembang Provinsi Sumbar bersama Gubernur,” kata Bupati Solok Selatan, Khairunas, Kamis (6/5/2021).

Jalan tersebut melewati sejumlah perusahaan sawit di Solok Selatan mulai dari Sungai Sungkai Nagari Sungai Kunyit hingga tembus ke Sungai Rumbai Kecamatan Dharmasrya.

Dalam waktu dekat, perusahaan sawit akan dilewati jalan nasional, seluruhnya akan diundang dan akan diminta surat pembebasan lahan secara tertulis kiri kanan badan jalan.
“Bagaimana jalan kampung ini akan dijadikan jalan kota, agar marwah daerah bisa berubah. Dari daerah pelosok jadi daerah yang berkelas,” tutur Bupati

Tertinggalnya Solsel selama ini, karena kondisi infrastruktur daerah yang menghukum. Sehingga Kecamatan Sangir Balai Janggo menjadi daerah penghujung Solsel dan dalam kondisi pelosok.

Nantinya, jika dibangun jalan tembus ini. Maka Kecamatan SBJ yang diberi nama oleh Bupati Solsel itu, akan menjadi daerah pusat dan akan berada ditengah-tengah daerah di apit oleh Kabupaten Dharmasrya dan Jambi.

“Jadi, akan menjadi daerah strategis jalan terdekat dari Dharmasrya dan Muaro Bunyi Jambi,” bebernya.
Termasuk akan dibangun jalan tembus simpang karet menghubungkan jalan kecamatan dengan jalan Nagari. Semua pihak harus mendukung bersama niniek mamak, tokoh dan masyarakat.

“Tanpa dukungan semua pihak, maka rencana pembangunan ini akan terkendala. Dan tugas dinas terkait termasuk Camat dan Wali Nagari harus pro aktif membantunya. Demi terwujudnya SBJ yang bebas dari kata pelosok,” harapnya.

Camat Sangir Balai Janggo, Muslim siap membantu penyelesaian pembebasan lahan nantinya, karena jalan tembus Dharmasrya- Sungai Sungkai Nagari Sungai Kunyit Ini sudah lama dirindukan masyarakat.

“Dampak perekonomian masyarakat akan terbantu nantinya,” tutur muslim. (Adi)

error: Content is protected !!