Bupati Solsel Khairunas serahkan bantuan pembangunan masjid Nurul Ulum Abai

SBH, Kopasnews.com — Bupati Solok Selatan Khairunas mengunjungi Masjid Nurul Ulum, Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari bersama Tim Safari Ramadhan (TSR) Kabupaten Solsel.

Selain menyampaikan program pemerintah, Bupati juga menyerahkan bantuan pembangunan Masjid sebesar Rp20 juta dan bantuan lainnya dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Solsel sebesar Rp11.983.500 kepada pengurus masjid dan Camat Sangir Batang Hari Gurhanadi.

“Kehadiran kami bersama TSR ke Abai untuk berterima kasih sekaligus bersilaturahmi dengan dunsanak semua, disamping menyampaikan program pembangunan di Solsel. Serta menyampaikan pesan pemerintah pusat dalam penanganan  wabah pandemi virus covid-19,” ungkap Bupati Solok Selatan Khairunas kepada ratusan jemaah Masjid Nurul Ulum, Selasa (4/5/2021) malam.

Dijelaskannya lagi, maju di Pilkada karena kecintaan terhadap Solsel, termasuk keinginan memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat.

“Bagi yang tidak memilih Khairunas tahun kemarin, malam ini tidak perlu takut datang ke masjid atau malu. Saya pribadi tidak akan mempersoalkannya, mari hapuskan perbedaan saat Pilkada. Bersatu kita bangun daerah ini,” ucap Bupati.

Dia juga menyampaikan dua pesan Pesiden RI Joko Widodo melalui vicom dikantor Bupati. Pertama, Pemkab harus perbaiki ekonomi masyarakat dan daerah Solsel. Kedua, bagaimana pemkab dapat mengurangi atau mencegah angka wabah covid-19 di daerah. 

“Kita bersyukur, karena Kecamatan Sangir Batang Hari paling rendah angka terpapar cavid-19 di Solsel dan di Sumbar,” bebernya.

Doa penutupan kegiatan safari ramadhan di Masjid Nurul Ulum Abai

Dalam waktu dekat ini sebut Bupati, seluruh wali Nagari akan diundang. Sesuao kontruksi Pemerintah Pusat, seluruh APBD Solsel dipergunakan untuk mengurus anggara covid. Namun sudah direcofusing sebesar Rp54 miliar, dan tinggal melakukan  pencegahan.

Sedangkan jatah vaksin bagi Solsel diperuntukan pusat 60 persen dari 182 ribu jumlah penduduk, artinya ada sekitar 102 ribu penduduk Solsel yang akan menerima vaksin. Perlu Pemerintah Kecamatan dan Nagari mensosialisasikannya.

“Alurnya sebelum divaksin maka kita diperiksa dulu, punya penyakit bawaan atau tidaknya calon penerima vaksin,” bebernya.

Bupati Solsel berdialog jelang berbuka puasa didepan mushalla SMAN 7 Solsel

Bupati mengatkan, pernah terpapar covid ketika akan mendaftarkan ke KPU menjadi calon Bupati Solsel.

Hingga hari ini katanya, mungkin masih ada yang percaya atau tidak soal wabah covid. Sebelum terkena wabah, lebih baik dilakukan pencegahan dengan cara disuntik vaksin.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut divaksin, sama halnya dengan vaksinasi caca sebelumnya,” ucapnya.

Khairunas mengucapkan terima kasih karena masyarakat telah memakmurkan masjid dan memberikannya amanah.

Sekretaris Nagari Abai, Doni Asmara selaku protokol mengatakan, kehadiran Bupati sebagai berkah pada malam ramadhan. Tentu saja masyarakat mensyukurinya dan berterima kasih atas bantuan pembangunan Masjid yang diberikan Bupati.

Camat Sangir Batang Hari, Gurhanadi, berterima kasih atas kehadiran TSR Kabupaten Solsel yang dipimpin langsung oleh Bupati Khairunas. Kehadiran beliau dan tim tidak hanya memberikan bantuan dana, juga pentingnya vaksinasi bagi masyarakat dalam kondisi daerah dilanda krisis pandemi.

“Kami pemerintah kecamatan dan Nagari untuk segera mensosialisasikan pentingnya vaksin bagi masyarakat sesuai penyampaian Bupati,” ujarnya. (Adi)

Jemaah Masjid Nurul Ulum Abai mendengarkan penyampaian Bupati Solsel