Kepsek MTsN 4 Solsel Almudaris menyerahkan tong sampah kepada kelas terbersih

Solok Selatan, Kopasnews.com — Disisi sarana dan prasarana, MTsN 4 Solok Selatan sudah bisa dikatakan lengkap. Akan tetapi keamanan sekolah Adiwiyata itu sangat terganggu, tidak hanya tanaman sekolah rusak. Bunga didepan sekolah pun kerap dicuri. 

“Kalau fasilitas dan sarana sekolah kita hampir lengkap, yang kami Keluhkan keamanan sekolah. Bunga dicuri dan kerap ada kegiatan pemuda yang tidak dikenal di malam hari,” ungkap Kepala MTsN 4 Solok Selatan, Almudaris, Minggu (4/4/2021).

Dia menjelaskan, jumlah tenaga pendidik di sekolah dibawah Kementerian Agama itu sebanyak 28 orang dan 281 siswa. Serta memiliki  10 rombongan belajar, kegiatan belajar selama pandemi 2021 diberlakukan sistem ganjil genap. 

Sekolah yang terletak di Jorong Padang Darek, Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan sudah mulai membaik. Baik disisi akademik dan ekstrakurikuler dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja keamanan sekolah terganggu.

“Sudah berkali-kali bunga di sekolah kami dicuri, kata warga setempat kerap pemuda tidak dikenal masuk ke pekarangan sekolah meskipun gerbang sekolah di gembok,” tuturnya. 

Padahal bunga-bunga tersebut sudah lama di tanam, dan akan masuk penilaian dewan juri sekolah adiwiyata yang mewakili Solsel ke tingkat provinsi. 

Kondisi ini laa Almudaris, sudah disampaikannya secara langsung ke  Wali Nagari Lubuk Malako, termasuk Wali Jorong dan Ketua Pemuda. 

Bila terus dibiarkan dan tindakan pihak Pemerintah Nagari setempat dan Wali Jorong, bisa-bisa akan terjadi kerusakan fasilitas sekolah. Atau barang berharga di sekolah bisa hilang. 

“Wali Nagari akan menelusurinya, namun kita tunggu hasilnya. Dari pagi sampai habis jam Dinas itu tanggung jawab kami pihak sekolah, tetapi malamnya tanggung jawab bersama. Karena sekolah itu milik masyarakat Lubuk Malako,” tuturnya.

Bedsheed Vechia Pilihan keluarga anda

Sebelum dilaporkan ke pihak berwajib, pihaknya harus berkoordinasi dulu dengan Pemerintahan Nagari dan Jorong.

Bagaimana bisa memberikan rasa aman dan nyaman terhadap fasilitas pendidikan di daerah setempat, yang akan menikmati warga setempat dan perlu di jaga bersama-sama. 

“Ini harapan kami ke Wali Nagari dan Jorong, mohon dibantu soal keamanan sekolah ini,” terangnya. 

Sementara, Wali Nagari Lubuk Malako, Riono Pendri menjelaskan, pihak nagari telah menyampaikan pemberitahuan kepada Wlai Jorong. Nah, tugas Jorong dan Ketua Pemuda dalam menjaga keamanan di daerahnya, terutama fasilitas umum seperti MTsN 4 Solok Selatan. .

“Soal gangguan keamanan ini sudah saya sampaikan ke Jorong dan pemuda setempat. Ini terjadi karena penjaga sekolah belum ada,” paparnya. 

“Kami hanya bersifat pemberiahuan kepada pemuda dan Jorong, tinggal Jorong yang harus melakukan pengamanan terhadap daerahnya,” ulasnya.Adi