Kondisi tiga ruang bangunan SMAN 3 Solsel

Solok Selatan, Kopasnews.com –Dampak angin kencang melanda Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Sumatera Barat, mengakibatkan bangunan SMAN 3 Solsel amruk ditimpa pohon kelapa. 

Peristiwa itu terjadi Kamis (1/4/2021) sekitar pukul 05.30 wib. 

“Siap subuh saya mendapat informasi, kalau sekolah kami tertimpa pohon kelapa. Ada tiga ruangan yang mengalami kerusakan,” Kata Kepala SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra, Kamis (1/4/2021).

Gedung SMAN 3 Solsel pasca Diterjang badai

Dijelaskannya, pohon kelapa warga tersebut tumbang dari akarnya, dan saat roboh ke atap sekolah warga setempat berhamburan keluar rumah. 

Sebab bunyinya cukup keras yang mengakibatkan warga terkejut atas musibah yang melanda SMAN yang terletak di Jorong Lubuk Gadang, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir itu. 

“Usai kejadian warga ramai berkunjung ke sekolah dan menginformasikan ke guru termasuk saya sebagai Kepsek,” paparnya.

Tiga ruangan yang amruk tersebut yakni ruangan Bimbingan Konseling (BK), ruangan radio dan Ruangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). 

Yang jelas atap, dan loteng plafon tidak bisa digunakan lagi. Pihaknya menaksir berapa kerugian yang dialami sekolahnya, dan apakah ada dinding sekolah yang retak ia belum memeriksanya. 

“Untuk sementara kerugian atas musibah ini ditaksir sekitar Rp25 juta,” paparnya.

Bedsheed Vechia Pilihan keluarga anda

Hingga siang hari, warga sekolah dibantu BPBD Solsel, TNI-Polri membersihkan puing-puing bangunan sekolah yang amruk tersebut. 

Termasuk pemotongan pohon kelapa dan kecambahnya yang berada diatas atap sekolah vaforit itu. 

“Warga setempat,TNI-Polri, BPBD Solsel ikut serta membantu pembersihan. Dan kami bersyukur, 30 rombongan belajar yang diisi 1.031 siswa-siswi tidak terdampak,”paparnya.

Kepala BPBD Solok Selatan, Richi Amran menjelaskan, sejumlah daerah di Solok Selatan hampir terdampak akibat angin kencang melanda Solsel sejak Subuh Kamis. 

Dia bersyukur, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun lima Kecamatan terdampak angin kencang yang datang sejak Subuh itu, mulai dari Kecamatan Sangir, Sangir Batang Hari, Pauhduo, Koto Parik Gadang Diateh dan Sungai Pagu.

“Rumah warga dan Bangunan SMAN 3 Solsel rusak atas musibah itu,” jelasnya. Adi