10 Destinasi Wisata Unggulan Solsel tanpa anggaran

Padang Aro, Kopasnews.com — Dari 10 destinasi wisata unggulan di Solok Selatan, hanya objek wisata Hot Water Boom (HWB) yang mendapatkan jatah anggaran APBD Solsel tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Harri Trisna mengatakan, anggaran dana perbaikan objek wisata di daerah Sarantau Sasurambi tahun anggaran 2021 sangat minim, barangkali pengaruh tersedotnya anggaran untuk penanganan bawah pandemi covid-19. 

Dari 10 destinasi wisata di Solok Selatan sebutnya, hanya satu objek wisata yang mendapatkan jatah anggaran APBD Kabupaten Solsel tahun 2021. 

“Tahun 2021 ini kita hanya mendapatkan anggaran dana hanya untuk objek wisata Hot Water Boom, nilainya sekitar Rp250 juta untuk pemeliharaan,” kata Harri Trisna, Selasa (30/3/2021).

Anggaran pemiliharaan tersebut akan dimamfaatkan untuk perbaikan lantai, alat kebersihan, pagar pemandian air panas Hot Water Boom. 

Meski dana untuk pengembangan wisata minim, namun perlu disyukuri lantaran kondisi keuangan daerah yang belum stabil sejak dilanda musibah corona. 

“Mana yang rusak, maka akan kita perbaiki dengan dana Rp250 juta itu,” jelasnya. 

Dia menjelaskan, akan menjemput anggaran ke Provinsi dan Pusat. Setidaknya wisata daerah mendapatkan anggaran dana Pokok-pokok pikiran anggaran DPRD Provinsi Sumbar perwakilan Solsel dan Pusat.

Dengan dana pokir maka akan mampu mendorong pengembangan wisata di Solsel, dan mudahan saja kata Harri apa yang akan diusahakan nanti mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

“Kalau minim dana daerah, kita harus upayakan mencari dana ke Provinsi dan Pusat,” ulasnya.

Sepuluh destinasi wisata unggulan di Solok Selatan, yakni Kawasan Saribu Rumah Gadang, Objek wisata alam Camintoran, Goa Batu Kapal, rumah gadang panjang (rumah terpanjang di dunia), dan  Arum Jeram. 

Kemudian wisata religi Masjid 60 Kurang Aso, pemandian air panas Hot Water Boom, wisata sejarah Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI), Air terjun Tangsi Ampek dan pemandangan teh Liki Solsel.

“Mudahan saja di tahun 2022, wisata unggulan daerah mendapatkan anggaran pengembangan,” harapnya. Adi

Bantal selicon lembut dan nyaman saat tidur pesan di Bedsheed Vechia