Warga Sako Selatan Pasir Talang bersama TNI Goro Bersihkan saluran Pamsimas. Ist

Solok Selatan, Kopasnews.com –Masyarakat dan TNI di Jorong Sungai Talu, Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan, melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan Intek Pamsimas dalam memperlancar sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. 

Sebab selama musim penghujan, material batu, kayu dan lainnya sudah menumpuk. Termasuk semak-semak sudah melikit Intek dan pipa induk saluran air bersih itu. 

“Jika tidak cepat diambil tindakan oleh warga kami melalui goro bersama ini, sumber air bisa keruh dan kotor. Bahkan bisa memengaruhi kelancarannya hingga ke rumah-rumah warga,” kata Kepala Jorong Sungai Talu, Rafi Loza, minggu (14/3/2021).

Sebab program pemerintah ini harus di jaga serta di rawat dengan baik, dibangun di daerah pinggiran pedesaan untuk kebutuhan sumber air bersih bagi masarakat setempat. 

Namun, Alhamdulillah sebutnya masyarakat mau mengerjakannya dengan semangat gotong royong. 

“Sebenarnya Pamsimas ini merupakan program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, kami bersyukur bisa mendapatkannya. Maka harus di rawat dengan baik,” ujarnya didampingi Adi Yanto, Ketua Pengurus Pamsimas setempat. 

Badsheed Vecchia Pilihan Ibu-ibu Kita

Sementara, Wali Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Pepi Suhendra, menjelaskan, Pamsimas tersebut dibangun pada tahun 2019 lalu dan dapat menyukai air bersih dengan baik untuk 337 KK.  

Goro disepanjang saluran pipa dari Intek Pamsimas itu katanya, dikerjakana secara rutin oleh masyarakat setempat. 

“Nah, saat ini musim hujan. Alangkah baiknya kami gorokan demi menjawab kekawatiran kami suplai air bersih Pamsimas ini terganggu,” tuturnya.

Bahkan ia mengapresiasi keikutsertaan pihak Babinsa Nagari Prada Muhammad Al Arif dan Anggota TNI lainnya. Mereka ikut serta dalam giat goro tersebut, dan dapat menjalin keakraban antara TNI dengan masyarakat. 

“Dalam goro kali ini kehadiran Babinsa dari TNI sebuah nilai tambah penyemangat bagi masyarakat. Jangankan warga biasa, aparat saja ikut serta membantu,” pungkasnya. (Adi)